Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2023, 19:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Hidangan rumahan yang dimasak dan dinikmati bersama keluarga maupun teman-teman akan menghadirkan suasana hangat yang menyenangkan.

Namun, terkadang ketika memasak, ada saja masalah yang dihadapi, seperti makanan gosong. Makanan gosok juga meninggalkan bau tak sedap di rumah, bahkan baunya bisa bertahan cukup lama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Gosong dari Microwave

DiUntungnya, ada beberapa cara menghilangkan bau gosong dari rumah dengan cepat sehingga dapat menikmati aktivitas di dapur dengan nyaman.

lansir dari Luce Home, Rabu (21/6/2023), berikut sejumlah tips menghilangkan bau gosong dari rumah.

Udara segar

Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.SHUTTERSTOCK/DMYTRO MELNYK Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.
Solusi paling sederhana menghilangkan bau gosong dari rumah adalah membuka beberapa jendela dan pintu serta membiarkan udara segar bersirkulasi di sekitar rumah.

Selain itu, nyalakan exhaust fan atau kipas angin untuk membantu mengalirkan udara dan mengusir bau gosong ke luar lebih cepat.

Baca juga: Mudah, 8 Cara Menghilangkan Bau Gosong di Dapur

Gunakan air purifier

Cara lain menghilangkan bau gosong yang tak kunjung hilang adalah menggunakan air purifier. Letakkan air purifier di mana terdapat bau gosong tercium paling kuat dan biarkan alat tersebut bekerja.

Jika memiliki lebih dari satu, gunakan semuanya secara bersamaan untuk menghilangkan bau gosong lebih cepat.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Air Purifier

Singkirkan makanan yang gosong

Singkirkan makanan yang gosong dan bersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di panci atau wajan yang digunakan untuk memasak.

Anda harus mengikis dan membuangnya ke dalam kantong plastik segera untuk menghindari bau dan asap yang semakin parah serta menyebar ke ruangan lain.

Selain itu, perlu mencuci panci atau wajan dengan sabun cuci piring setelah dingin. Pastikan tidak menggosoknya terlalu keras karena dapat merusak peralatan masak, terutama lapisan terluarnya.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Gosong di Panci Presto

Baking soda

Ilustrasi baking soda.Shutterstock/ThamKC Ilustrasi baking soda.
Baking soda merupakan bahan rumah tangga yang populer karena memiliki berbagai kegunaan, salah satunya menghilangkan berbagau bau, termasuk bau gosong.

Letakkan baking soda di dalam mangkuk dan meletakkannya di sekitar tempat bau gosong tercium. Menaburkan sedikit baking soda pada residu juga dapat membantu melonggarkannya sehingga lebih mudah dibersihkan dan dihilangkan.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Kue untuk Tanaman Buah dan Sayuran

Biji kopi

Biji kopi dapat menjadi cara menghilangkan bau gosong. Letakkan bubuk kopi atau biji kopi di dalam mangkuk untuk menyerap bau gosong.

Mencuci kain

Jika telah melakukan berbagai langkah, tetapi ternyata bau gosong masih belum hilang, hal ini mungkin disebabkan bau yang menempel pada kain.

Untuk memeriksanya, Anda perlu berkeliling rumah guna memeriksa dan mengumpulkan kain maupun benda-benda berlapis kain yangmasih menyimpan asap dan bau.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Seprai? Catat Durasinya

Setelah itu, cuci dengan pembersih kain yang lembut dan gunakan pelembut atau pengharum kain. Setelah selesai mencuci, pastikan memeriksa sisa-sisa bau gosong karena mungkin akan semakin sulit dihilangkan setelah kain mengering.

Jika masih ada bau gosong yang tersisa, sebaiknya mencucinya kembali sebelum dikeringkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com