Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menata Meja Nakas agar Tetap Rapi dan Terorganisir

Kompas.com - 21/06/2023, 16:02 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja samping tempat tidur atau meja nakas merupakan salah satu furnitur penting di kamar tidur.

Namun, laci dan permukaan meja nakas dapat dengan mudah dipenuhi berbagai barang yang tidak seharusnya dan membuat berantakan.

Baca juga: Berapa Tinggi Meja Nakas yang Ideal? Begini Cara Menentukannya

Karena itu, penting menjaga meja nakas tetap rapi. Meja nakas yang terorganisasi memudahkan Anda mengambil barang yang dibutuhkan dan membuat kamar tidur tertata. 

Nah, untuk membantu Anda, berikut sejumlah cara menata meja nakas dilansir dari Luce Home, Rabu (21/6/2023),

Tentukan hari

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.
Pilih satu hari di mana Anda bisa menjadwalkan untuk merapikan meja nakas. Mencoba menatanya sebelum tidur bukan ide baik karena Anda akan terlalu lelah melakukannya.

Sebagai gantinya, pilih hari Anda dapat beristirahat sejenak untuk menata meja nakas.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan dari Meja Nakas di Kamar Tidur

Keluarkan semua barang

Kosongkan laci meja nakas dan keluarkan semua barang dari laci, lalu letakkan di tempat tidur atau lantai. Jangan lupa ambil barang-barang dari bagian atas meja serta letakkan bersama dengan barang-barang lainnya.

Perlu diingat, meja nakas memiliki ruang kecil. Idealnya, minimalkan barang untuk menjaga barang-barang tetap rapi dan teratur.

Pilah barang-barang

Mulailah merapikan meja nakas dengan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Buang barang-barang, seperti kuitansi lama, kemasan produk perawatan kulit yang sudah kosong, hingga wadah yang sudah rusak. 

Setelah itu, kelompokkan barang-barang serta pisahkan barang-barang yang akan Anda simpan di tempat lain, seperti obat-obatan.

Baca juga: 5 Cara Memilih Nakas dengan Ukuran yang Tepat

Kategorikan barang

Ilustrasi kamar tidur.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi kamar tidur.
Setelah menentukan barang apa saja yang ingin disimpan di meja nakas, Anda perlu mengkategorikannya berdasarkan frekuensi penggunaan, kepraktisan, dan jenis barang.

Sebagai contoh, produk perawatan kulit yang Anda gunakan setiap malam harus ditempatkan bersama di lokasi yang mudah dijangkau, sementara aksesori ponsel cadangan dapat diletakkan di laci paling bawah.

Baca juga: Simak, Tinggi Meja Nakas yang Ideal untuk Kamar Tidur

Bersihkan dan lapisi meja nakas

Tentunya, Anda tidak ingin meletakkan barang-baranga kembali ke dalam meja nakas yang berdebu dan kotor. Lepaskan laci-laci tersebut serta bersihkan kotoran yang menempel.

Buat larutan dari 236,5 mililiter air dengan dua hingga tiga tetes sabun cuci piring cair. Menggunakan kain lembap, seka bagian dalam dan luar laci dengan larutan tersebut, biarkan meja nakas mengering, lalu lapisi bagian dalam laci dengan busa atau kertas untuk mencegah noda menempel pada meja nakas. 

Selain itu, gunakan organizer untuk menjaga barang-barang di meja nakas tetap rapi.

Baca juga: Perlukah Memiliki Meja Nakas di Samping Tempat Tidur?

Menjaga meja nakas tetap rapi

  • Barang yang harus disimpan di atas meja nakas

Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.Unsplash/sidekix Ilustrasi kamar tidur, kamar tidur minimalis.
Simpan sesedikit mungkin barang di bagian atas meja nakas. Hanya gunakan bagian atas untuk meletakkan lampu samping tempat tidur, jam, atau kebutuhan penting lainnya.

Meminimalkan pernak-pernik akan memberi Anda ruang untuk meletakkan ponsel, buku untuk bacaan malam, segelas air, atau barang lain yang ingin disimpan dalam jangkauan.

Jika memiliki perhiasan yang ingin disimpan di atas meja nakas, gunakan kotak perhiasan atau nampan dekoratif untuk menyimpannya sehingga barang-barang tetap terorganisasi tanpa ada yang berserakan.

Baca juga: 7 Barang yang Perlu Diletakkan di Meja Nakas

  • Barang yang harus disimpan di laci meja nakas

Pertimbangkan rutinitas Anda untuk menempatkan barang-barang di laci. Jika meja nakas memiliki beberapa laci, letakkan barang-barang yang ingin disimpan dalam jangkauan di laci paling atas. Simpan barang-barang yang jarang digunakan di laci bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com