Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2023, 14:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Daily Paws

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memiliki sekumpulan anak kucing, Anda pasti akan kagum dengan semua perubahan yang mereka alami dalam waktu singkat.

Pada awalnya, anak kucing hanya tampak menyusu dan tidur siang. Lama-kelamaan tanpa Anda sadari, anak kucing telah melakukan salto di atas pohon kucing dengan mata liar. 

Baca juga: Kapan Anak Kucing Tumbuh Gigi? Ini Waktu dan Tanda-tandanya

Jadi, di antara tingkat pencapaian ini, kapan mata anak kucing berubah warna? Apa penyebabnya? 

Rowyn C. Rose, spesialis komunikasi sains di Basepaws, sebuah merek tes DNA kucing,  mengatakan mata kucing memiliki pigmen sel khusus yang disebut melanosit, yang ditemukan di iris (bagian mata berwarna).

Lapisan depan iris, yang dikenal sebagai stroma, menyerap panjang gelombang lebih panjang dan memantulkan panjang gelombang lebih pendek, berdasarkan jumlah melanosit.

Inilah sebabnya sebagian besar kucing dewasa memiliki warna mata lebih beragam. Ada lebih banyak melanosit dalam pigmen, tapi tidak demikian ketika anak kucing lahir.

"Mayoritas anak kucing memiliki mata biru karena pigmen tidak mulai terakumulasi dalam iris sampai beberapa minggu pertama kehidupannya," kata Rose. 

Baca juga: Kapan Mata Anak Kucing Mulai Terbuka? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

ilustrasi anak kucing.Freepik/user12914223 ilustrasi anak kucing.
Tarina L. Anthony, dokter hewan sekaligus Direktur Medis Aurora Cat Hospital and Hotel di Aurora, Amerika Serikat, mengatakan mata anak kucing terbuka saat berusia sekitar tujuh sampai 10 hari, tetapi ada yang melaporkan pada dua dan 16 hari.

Ini juga merupakan kesempatan pertama Anda untuk memastikan kesehatan mata anak kucing.

Anthony menyarankan memastikan mata anak kucing bebas kotoran karena infeksi saluran pernapasan atas sering terjadi pada bayi baru lahir dengan sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna.

Mata anak kucing mungkin sebagian besar tertutup, tetapi tidak boleh tertutup kotoran. 

Mata anak kucing berubah warna ketika berusia sekitar empat sampai delapan minggu. Rose mengatakan ini adalah saat melanosit bermigrasi ke iris dan menghasilkan melanin.

Namun, beberapa anak kucing, tergantung pada rasnya, tetap memiliki warna baby blue atau warna mata kelahirannya. 

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Memprediksi warna mata anak kucing

Anthony mengatakan tidak mungkin bisa memprediksi warna mata anak kucing, kecuali Anda telah memastikan warisan dari tom (ayah kucing) dan ratu (ibu kucing) 100 persen.

"Sulit mengetahui apa warna mata anak kucing berdasarkan tanda apa pun pada anak kucing itu sendiri," tambahnya dikutip dari Daily Paws, Rabu (21/6/2023). 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com