Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mencegah Anak Kucing Menggigit Saat Tumbuh Gigi

Kompas.com - 20/11/2022, 16:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, kucing terlahir tanpa memiliki gigi. Setelah usia beberapa minggu, gigi kucing, yang disebut gigi susu, mulai muncul.

Namun, memasuki usia sekitar usia sembilan minggu, kucing mulai kehilangan gigi susu dan digantikan gigi dengan gigi dewasa alias permanen.  Gigi dewasa ini tumbuh penuh pada usia lima hingga enam bulan. 

Baca juga: Kenalan dengan Kucing Bengal Biru, dari Asal Usul hingga Fakta Menarik

Selama fase tumbuh gigi, sama dengan bayi manusia, anak kucing akan menggigit dan mengunyah apa saja, termasuk jari atau bagian tubuh manusia.  

Karena itu, Anda perlu menjauhkan benda-benda keras atau bahaya dari pandangan anak kucing. 

Akan tetapi, fase tumbuh gigi adalah waktu tepat untuk mengajari anak kucing berhenti mengunyah hal-hal yang tidak seharusnya.

Dilansir dari Catster, Minggu (20/11/2022), berikut beberapa cara mencegah anak kucing mengunyah atau menggigit apa pun saat tumbuh gigi.  

Baca juga: 5 Penyakit yang Umum Dialami Anak Kucing  

Berikan mainan kunyah 

Ilustrasi anak kucing Persia.SHUTTERSTOCK / ANURAK PONGPATIMET Ilustrasi anak kucing Persia.
Mainan kunyah tidak hanya untuk anjing, tapi juga kucing. Sejumlah produsen membuat mainan yang dirancang untuk memberikan target yang tepat untuk semua anak kucing yang sedang tumbuh gigi.

Ini termasuk mainan kain yang dapat didinginkan untuk meredakan gusi yang lunak, mengunyah lebih kencang yang akan melatih otot rahang, dan mainan berbahan dasar nilon untuk anak kucing yang sedang tumbuh gigi. 

Baca juga: Kesehatan dan Kebersihan Gigi Kucing Penting Dijaga, Begini Caranya

Biarkan anak kucing menggigit mainan

Semakin banyak anak kucing bermain dengan mainan yang sesuai, semakin kecil kemungkinannya menggigit Anda.

Anak kucing yang sedang tumbuh gigi membutuhkan permainan interaktif untuk membantunya mengeluarkan energi berlebih serta mengembangkan keseimbangan dan kekuatannya.

Setidaknya dua sesi bermain selama 10-15 menit per hari menggunakan mainan penggoda akan memberi anak kucing target tepat untuk mengunyah dan memperkuat ikatan di antara Anda. 

Baca juga: Apa Perbedaan Makanan Anak Kucing dan Kucing Dewasa?

Jangan biarkan anak kucing bermain dengan tangan Anda

Saat membelai anak kucing, pastikan menjauhkan tangan Anda dari mulutnya. Hal yang sama berlaku untuk waktu bermain.

Jangan pernah menggunakan jari sebagai objek bermain untuk anak kucing. Sebab, hal ini akan membuat anak kucing terus menggigitnya serta benda lainnya.

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tempat Tidur Anak Kucing 

Bernada tinggi saat anak kucing menggigit 

Jika anak kucing yang tumbuh gigi menyebabkan gigitan, katakan "Aduh" dengan suara bernada tinggi, tetapi tidak terlalu keras dan meletakkannya di lantai. Hal ini bisa membuat kucing berhenti dan mundur.

Penggunaan teknik "Aw" dan Down yang konsisten akan mengajarkan anak kucing bahwa menggigit menyebabkan tidak adanya permainan atau belaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com