Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Panci Gosong dengan Garam dalam 20 Menit

Kompas.com - 15/02/2023, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika memasak, sering kali panci berisi makanan menjadi gosong karena proses pemasakan yang lama atau lalai mengatur besar api kompor. Jika tidak segera dibersihkan, kerak dan noda panci gosong bisa membandel dan sulit dibersihkan.

Namun, jangan khawatir. Ada cara membersihkan panci gosong dengan cepat, menggunakan bumbu dapur yang pasti Anda miliki, yakni garam. Bahkan, Anda dapat membersihkan panci gosong dengan garam hanya dalam 20 menit.

Dikutip dari Spoon University, Rabu (15/2/2023), berikut cara membersihkan panci gosong dengan garam hanya dalam 20 menit.

Baca juga: Panci Marble Vs Keramik, Apa Bedanya dan Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Ilustrasi membersihkan wajan gosong dan berkerak.SHUTTERSTOCK/SULIT.PHOTOS Ilustrasi membersihkan wajan gosong dan berkerak.

Setelah panci gosong mendingin, isi dengan air hangat dan 2 sampai 3 sendok makan garam dapur. Aduk garam, pastikan tercampur rata dengan air, lalu biarkan meresap.

Setelah dua menit, pindahkan panci ke atas kompor dan rebus air selama 15 menit. Pastikan untuk menyeka sisa air dari dasar panci.

Merebus akan menghilangkan sebagian besar sisa gosong dari panci, tetapi jika tidak, langkah selanjutnya adalah menggosok dengan garam.

Tuangkan sebagian besar air garam panas, sisakan sekitar setengah inci masih di dalam panci. Tuangkan beberapa sendok makan garam lagi, dan gunakan spons gosok untuk membersihkan sisa kotoran.

Baca juga: Cara Merawat Panci dan Wajan agar Tetap Bagus serta Tahan Lama

Hati-hati dengan air panas. Gunakan sarung tangan cuci piring atau tunggu hingga dingin sebelum mulai membersihkan.

Cuci panci seperti biasa dengan sabun dan air panas, dan biarkan hingga kering. Setelah 20 menit, panci gosong akan kembali bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com