Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Panci dan Wajan agar Tetap Bagus serta Tahan Lama

Kompas.com - 10/02/2023, 17:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak, seperti wajan dan panci, menjadi benda yang wajib dimiliki setiap dapur. Pasalnya, hampir semua hidangan atau masakan diolah menggunakan wajan dan panci.

Namun, sama dengan peralatan rumah tangga lainnya, peralatan masak juga memiliki batas akhir atau usia penggunaan. Artinya, panci dan wajan tidak dapat bertahan selamanya. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Wajan Antilengket

Peralatan masak yang sudah melewati usia penggunaan akan kehilangan kinerjanya sehingga perlu menggantinya. Namun, ada beberapa peralatan masak yang rusak atau diganti sebelum usia penggunaannya berakhir. 

Mengetahui sebuah peralatan masak masih bagus atau perlu diganti memang tidak mudah. Dilansir dari Southern Living, Jumat (10/2/2023), untuk juru masak rumahan, satu set peralatan masak yang layak bisa bertahan antara lima hingga 10 tahun, tergantung pada frekuensi memasak. 

Untungnya, dengan melakukan perawatan, panci dan wajan dapat tetap bagus serta bertahan lama. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini 5 Tanda Peralatan Masak Perlu Diganti

Ilustrasi panci antilengket, peralatan masak antilengket. SHUTTERSTOCK/GUPINA Ilustrasi panci antilengket, peralatan masak antilengket.
Mary Rodgers, Direktur Komunikasi Pemasaran di Cuisinart, mengatakan langkah pertama merawat peralatan masak adalah selalu mengikuti petunjuk pembersihan dan perawatan yang direkomendasikan produsen untuk mendapatkan hasil maksimal. 

"Anda harus mencuci peralatan masak dengan tangan," jelas Rodgers.

Panas yang tinggi dari mesin pencuci piring dapat merusak bahan pada beberapa jenis peralatan masak.

Karena itu, jangan pernah meletakkan peralatan masak aluminium di dalam mesin pencuci piring, kecuali jika peralatan tersebut dirancang untuk mesin pencuci piring. 

Selain itu, pastikan menyimpan peralatan masak dengan benar untuk mencegah goresan dan retak. Dengan demikian, merawat panci dan wajan tetap bagus. 

Baca juga: Catat, 5 Keuntungan Menggunakan Peralatan Masak Kayu

Scott Clarke, koki dan pemilik Blue Monkey Catering, menyarankan meletakkan kardus, handuk kertas, tisu dapur, atau tempat panci di antara panci dan wajan saat menyimpannya. 

Rodgers menyarankan membeli bantalan pelindung silikon untuk diletakkan di antara peralatan masak saat menyimpannya.

Ilustrasi wajan dan panci berwarna hitam matte.Unsplash/cookerking Ilustrasi wajan dan panci berwarna hitam matte.
"Carilah peralatan masak yang dapat ditumpuk, yang dirancang agar permukaan setiap panci dan gagangnya tidak bersentuhan," imbuhnya nya.

Pastikan menggunakan alat yang tepat saat memasak makanan dengan peralatan masak.  "Menggunakan sendok kayu, dayung, atau peralatan yang dilapisi plastik akan mencegah goresan pada bagian bawah peralatan masak," saran Clarke. 

Baca juga: Wajan dan Panci Antilengket Vs Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Selain itu, untuk peralatan masak dari besi cor, pastikan merawatnya dengan benar. Clarke menjelaskan semua peralatan masak besi cor harus dibumbui dengan baik dan dipanaskan sebelum digunakan.

"Gunakan garam dan minyak ke dalam wajan sebelum memasak," saran Clarke.

Panci besi tidak boleh dicuci dengan sabun untuk menjaga kualitasnya. Dengan merawat panci dan wajan jsebaik mungkin dapat mewariskannya dari generasi ke generasi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com