Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 21:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWajan besi cor terbuat dari material yang tidak mudah tergores sehingga cukup tahan lama dan tidak mudah rusak.

Akan tetapi, penggunaannya tetap harus hati-hati supaya lapisan bumbunya (seasoning) tidak rusak. Selain itu, wajan besi cor harus dirawat dengan sesekali dibumbui. 

Namun, dilansir dari All Recipes, Sabtu (3/12/2022), ada beberapa kebiasaan penggunaan wajan besi cor yang ternyata bisa merusaknya. Apa saja?

Baca juga: 6 Kesalahan yang Dilakukan saat Menggunakan Wajan Besi Cor

Tidak memberinya waktu memanas

Ilustrasi panci besi cor. PIXABAY/ERNEST_ROY Ilustrasi panci besi cor.

Waja besi cor mampu mendapatkan dan menahan panas, tapi memiliki kecenderungan mempunyai titik-titik yang lebih panas.

Artinya, dapat menyebabkan masakan matang tidak merata dan gosong. Untuk mencegahnya, panaskan wajan terlebih dulu di dalam oven sebelum digunakan untuk memanggang, menggoreng, atau menumis.

Menggunakannya untuk masakan gurih dan manis

Wajan besi cor tidak hanya dapat digunakan untuk memanaskan salmon, tapi juga memanggang brownies.

Namun, permukaannya berpori sehingga memasak dua hidangan dengan rasa berbeda dalam satu wajan besi cor, akan membuat rasa saling tercampur. Misalnya, kue menjadi beraroma ikan. 

Meski tidak akan merusak wajan besi cor, kebiasaan ini dapat merusak selera makan Anda.

Baca juga: 6 Mitos tentang Penggunaan Wajan Besi Cor yang Tidak Perlu Dipercaya

Tidak langsung dibersihkan

Ilustrasi memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca. SHUTTERSTOCK/SANTIPARP WATTANAPORN Ilustrasi memasak dengan wajan besi cor di kompor kaca.

Untuk hasil terbaik, wajan besi cor sebaiknya segera dibersihkan ketika masih hangat. Bilas dengan air hangat dan taburkan beberapa baking soda atau garam.

Kemudian, gosok secara perlahan dengan spons, kain lap, atau sikat gosok nilon untuk membasmi residu makanan yang masih menempel.

Baking soda dapat membantu menetralkan rasa yang tertinggal sekaligus bertindak sebagai agen antibakteri, sementara garam sebagai elemen yang cukup abrasif.

Merendam wajan besi cor

Merendam wajan besi cor dapat menyebabkan karat. Karena itu, sebaiknya membersihkan wajan besi cor secara manual dengan air sabun alih-alih menggunakan mesin pencuci piring. Setelah itu, segera bilas semua busa dan keringkan hingga menyeluruh.

Baca juga: Cara Membersihkan, Membumbui, dan Merawat Wajan Besi Cor

Tidak dibumbui ulang

Wajan besi cor tetap harus dibumbui ulang setelah selesai digunakan. Setelah menggunakannya untuk memasak, cuci dan keringkan, lalu letakkan kembali di atas api sedang, dan tambahkan satu sendok makan minyak sayur atau minyak netral lainnya.

Gunakan tisu dapur untuk mengoleskan minyak secara merata ke seluruh permukaan dan sisi dalam wajan hingga mengilau.

Setelah mulai berasap, angkat wajan dari api, seka dengan kain lap bersih, biarkan mendingin, dan simpan hingga wajan digunakan kembali.

Baca juga: Wajib Punya, Ini 4 Benda untuk Merawat Wajan Besi Cor

Disimpan dalam keadaan basah

Wajan besi cor harus dalam keadaan benar-benar kering sebelum disimpan karena air dapat menyebabkan karat dan keausan pada peralatan masak ini.

Kehadiran karat bukan berarti mereka harus dibuang. Namun, menggosok dan membumbui ulang wajan besi cor tentunya cukup menghabiskan waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com