Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajan dan Panci Antilengket Vs Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 22/12/2022, 19:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika akan membeli peralatan masak seperti wajan dan panci, orang sering bertanya-tanya apakah harus memilih panci antilengket atau panci stainless steel. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih panci dan wajan.

Kedua jenis peralatan masak tersebut memang banyak digunakan untuk memasak di rumah. Akan tetapi, ini sebagian besar masalah preferensi pribadi dan ingatlah makanan yang sering Anda masak sehingga Anda dapat memilih panci terbaik untuk itu.

Meskipun Anda dapat membeli hampir semua jenis peralatan masak secara online, namun sebaiknya pergi ke toko. Anda pasti ingin merasakan, mengangkat, dan memeriksa kualitas berbagai panci.

Baca juga: 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Digunakan untuk Membersihkan Panci Gosong

Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/SEVENKE Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel.

Ini juga berguna untuk melihat panci secara langsung untuk mengukur keliling peralatan masak. Sebab, terkadang foto produk online tidak memberi Anda skala ukuran untuk referensi.

Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (22/12/2022), berikut penjelasan mengenai wajan dan panci antilengket dan stainless yang perlu diketahui.

Wajan dan panci antilengket

Peralatan masak antilengket mudah digunakan dan dibersihkan, karena lapisannya yang licin membantu menjaga makanan agar tidak lengket, dan mudah dibersihkan setelahnya.

Dengan panci antilengket, Anda dapat menggunakan lebih sedikit minyak daripada dengan peralatan masak yang tidak dilapisi.

Baca juga: Cara Mencuci Wajan dan Panci Stainless Steel agar Tampak Seperti Baru

Permukaan memasak yang membantu itu juga membawa beberapa potensi risiko. Beberapa ilmuwan, pecinta lingkungan, dan kelompok advokasi konsumen memiliki kekhawatiran tentang bahan kimia yang digunakan untuk membuat banyak lapisan antilengket di pasaran, seperti PTFE atau Teflon maupun PFOA.

Badan Perlindungan Lingkungan AS meminta produsen bahan kimia besar untuk menghentikan penggunaan PFOA, dan Teflon telah bebas PFOA sejak 2013.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com