Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Abai, Ini 5 Tanda Peralatan Masak Perlu Diganti

Kompas.com - 10/02/2023, 12:11 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan peralatan rumah tangga lainnya, peralatan masak, seperti wajan dan panci, juga memiliki batas akhir atau usia penggunaan.

Panci dan wajan akan kehilangan efektivitasnya dan tidak akan bertahan selamanya. Ada beberapa peralatan masak yang bertahan selama bertahun-tahun, sementara yang lainnya lsudah melewati masa pakainya dan perlu diganti. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Wajan Antilengket

Namun, terkadang sangat sulit mengetahui sebuah peralatan masak perlu diganti atau hanya perlu dipoles untuk memperbaiki atau memperbarui tampilannya.  

Untuk membantu Anda, beberapa ahli membagikan sejumlah tanda peralatan masak perlu diganti dikutip dari Southern Living, Jumat (10/2/2023). 

Berapa lama peralatan masak dapat bertahan?

Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/SEVENKE Ilustrasi panci dan wajan stainless steel, peralatan masak stainless steel.
Untuk juru masak rumahan, satu set peralatan masak yang layak bisa bertahan antara lima hingga 10 tahun, tergantung pada frekuensi memasak.

"Jenis bahan terbaik untuk digunakan secara umum adalah baja tahan karat atau stainless steel dengan pengecualian penggunaan antilengket untuk omelet," jelas Scott Clarke, koki dan pemilik Blue Monkey Catering.

Meski semua produk berlapis stainless steel dapat bertahan dalam waktu cukup lama, Mary Rodgers, Direktur Komunikasi Pemasaran di Cuisinart, merekomendasikan memeriksa garansi pabrik pada produk peralatan masak karena banyak merek yang dapat diandalkan memberikan garansi jangka panjang. 

Baca juga: 4 Keuntungan Menggunakan Peralatan Masak Keramik

Tanda peralatan masak perlu diganti 

  • Bagian bawah wajan hangus dan tidak dapat dibersihkan

Clarke mengatakan bagin wajan yang hangus ini berdampak pada kemampuan peralatan masak untuk memasak makanan dan mengorbankan kualitas makanan yang dihasilkan. 

Maka itu, apabila bagian wajan dan panci sudah hangus dan tidak dibersihkan, ini menandakan saatnya mengganti peralatan masak. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Tidak Berantakan

  • Bekas goresan atau retak pada peralatan masak 

Ilustrasi wajan dan panci berwarna hitam matte.Unsplash/cookerking Ilustrasi wajan dan panci berwarna hitam matte.
Rodgers menjelaskan, selain permukaan dan eksterior baja tahan karat, peralatan masak dengan bekas goresan yang terlihat tidak boleh digunakan kembali karena serpihan peralatan masak dapat masuk ke makanan. 

"Ini tidak aman dan pada akhirnya menjadi indikator kualitas atau usia alat tersebut. Enamel yang terkelupas pada besi cor juga dapat menyebabkan karat," imbuh Rodgers.  

Baca juga: Wajan Teflon Vs Besi Cor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

  • Tampilan berminyak yang tidak kunjung hilang 

Selanjutnya, tanda peralatan masak perlu diganti adalah adanya tampilan berminyak yang tak kunjung hilang. 

Menurut Clarke, peralatan masak dapat membentuk lapisan film atau tampilan berminyak yang tidak dapat dibersihkan setelah beberapa kali percobaan. Hal ini akan berdampak pada kualitas, konsistensi, dan rasa produk makanan jadi.

  • Gagang yang longgar atau berkarat 

Ilustrasi peralatan masak. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi peralatan masak.
Rodgers mengatakan perlu memperhatikan gagang peralatan masak. Gagang yang rusak atau berkarat adalah indikator lain bahwa peralatan masak sudah terlalu tua dan perlu diganti.

"Carilah peralatan masak dengan gagang yang terpaku dan tidak mudah lepas," saran Rodgers. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Tidak Berantakan

  • Ketika peralatan masak melengkung

Peralatan yang melengkuk atau bengkok menjadi tanda peralatan masak perlu diganti.

Clarke menuturkan menggunakan peralatan masak yang bengkok atau penyok dapat menyebabkan panci atau wajan tidak memanas dengan baik karena area permukaannya tidak konsisten.

Hal ini juga bisa mempengaruhi produk makanan akhir. Setelah wajan digunakan dalam waktu lama, ini dapat menimbulkan 'titik panas', yang dapat dengan cepat menyebabkan gosong atau hangus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com