Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2023, 21:44 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan antilengket banyak digunakan orang karena menawarkan kemudahan dalam memasak. Lapisan antilengketnya mencegah makanan menempel pada wajan saat memasak. 

Namun, lapisan antilengket tidak dapat bertahan lama alias akan menghilang sehingga membuat wajan kurang bekerja optimal. Namun, dengan perawatan baik, wajan antilengket dapat bertahan lama.

Baca juga: Cara Membuat Wajan dan Panci Antilengket Tahan Lama 

Dilansir dari Master Class, Kamis (9/2/2023), berikut cara merawat dan membersihkan wajan antilengket.

Biarkan hingga benar-benar dingin

Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket.
Setelah memasak, biarkan wajan antilengket di atas kompor hingga benar-benar dingin. Merendam atau membilas wajan antilengket yang masih panas dengan air dingin dapat membuatnya melengkung serta merusak permukaan antilengketnya.

Bilas dengan air sabun hangat

Setelah dingin, bilas wajan antilengket dengan air hangat untuk menghilangkan sisa makanan dari permukaan. Gunakan air hangat, bukan air panas, untuk memperpanjang usia alat masak.

Baca juga: Cara Merawat Panci Antilengket agar Tak Mudah Tergores dan Mengelupas

Gosok dengan spons dan sabun cuci piring 

Oleskan cairan pencuci piring ke spons lembut atau waslap, kemudian gosok semua permukaan wajan antilengket untuk menghilangkan sisa makanan, dan bilas sampai bersih.

Keringkan secara menyeluruh

Gunakan kain bersih dan lembut untuk mengeringkan wajan antilengket. Simpan wajan di rak piring vertikal atau letakkan handuk kertas di antara tumpukan untuk melindungi permukaan antilengket agar tidak tergores.

Baca juga: Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan pada Peralatan Masak Antilengket

Cara merawat wajan antilengket

Ilustrasi wajan, wajan antilengket.FREEPIK/STOCKKING Ilustrasi wajan, wajan antilengket.
Lapisan antilengket dapat bertahan lama selama wajan atau peralatan masak mendapat perwatan baik. Berikut cara merawat wajan antilengket.  

  • Hilangkan sisa pembakaran dengan soda kue

Untuk wajan yang sangat kotor, campurkan satu sendok teh baking soda dan satu atau dua sendok teh air untuk membentuk pasta.

Kemudian, gosokkan pasta pada wajan dengan scrubber non-abrasif untuk menghilangkan sisa makanan gosong dan residu. 

Baca juga: Wajan Teflon Vs Besi Cor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

  • Hindari minyak goreng dengan titik asap rendah

Minyak dengan titik asap rendah mudah terbakar dan menyebabkan kotoran menumpuk di permukaan wajan. Maka itu, gunakan minyak goreng dengan titik asap tinggi.

  • Selalu cuci panci dengan tangan

Meski beberapa wajan antilengket diklaim aman dicuci dengan mesin pencuci piring, sebaiknya selalu cuci dengan tangan untuk hasil terbaik.

  • Gunakan scrubber dan spons non-abrasif 

Sabut baja tahan karat dan sabut gosok dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan wajan antilengket. Jadi, hindari dan unakan spons lembut atau waslap sebagai gantinya.

Baca juga: 4 Tanda Wajan Antilengket Sudah Rusak dan Harus Segera Menggantinya

  • Oleskan setetes minyak sebelum dan sesudah digunakan

Tuangkan setengah sendok teh minyak goreng ke permukaan wajan antilengket sebelum dan sesudah digunakan, lalu gosok dengan kain bersih atau handuk kertas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com