Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panci Marble Vs Keramik, Apa Bedanya dan Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Kompas.com - 13/02/2023, 07:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak jenis panci atau wajan yang dijual di pasaran, dengan berbagai bahan dan keunggulannya. Beberapa di antaranya adalah panci marble dan panci keramik.

Dikutip dari Healthy Ceramic Cookware, Senin (12/2/2023), panci keramik dan marble memiliki konduktivitas panas, non-reaktivitas, bebas dari toksisitas, dan penampilan yang sama.

Namun, bagi mereka yang menginginkan panci tahan lama, panci keramik tidak bisa bertahan sangat lama. Jadi, panci marble adalah yang terbaik untuk daya tahan yang baik.

Baca juga: Cara Merawat Panci dan Wajan agar Tetap Bagus serta Tahan Lama

Ilustrasi wajan keramik. SHUTTERSTOCK/IHORL Ilustrasi wajan keramik.

Di sisi lain, panci keramik memiliki pilihan warna dan desain yang lebih menarik. Namun, apa perbedaan panci marble dan panci keramik, serta mana yang sebaiknya dipilih?

Berikut penjelasan mengenai keunggulan panci marble vs keramik, serta pertimbangan dalam memilih kedua jenis panci tersebut.

Apa itu panci marble?

Wajan dan panci marble terbuat dari bahan yang berbeda dengan panci keramik atau stainless steel. Panci dan wajan antilengket, pada umumnya, dilapisi dengan bahan kimia antilengket yang tersedia.

Namun, panci marble menggunakan lapisan marmer untuk memberikan permukaan antilengket dan pengalaman memasak yang berbeda. Panci marble lebih aman daripada beberapa yang beracun.

Baca juga: SESA Hadirkan Panci GreenPan, Tanpa PFAS Pemicu Kanker

Panci marble memberikan keamanan lebih dari antilengket dan peralatan masak lainnya yang mengandung bahan kimia beracun.

Orang yang ingin memiliki peralatan masak bebas PFOA dan PTFE dapat membeli panci marble.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com