Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami Menghilangkan Bau Gosong dari Microwave

Kompas.com - 19/04/2023, 19:32 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave merupakan alat dapur yang berguna memanaskan maupun membuat makanan.

Terkadang ketika menggunakan microwave, makanan yang diolah hangus dan menyebabkan bau gosong, bahkan bau ini tidak mudah dihilangkan.

Baca juga: Jangan Mencairkan Daging Beku di Microwave, Kenapa?

Untungnya, dengan menggunakan bahan-bahan alami, bau gosong di dalam microwave visa dihilangkan. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan sebagai pembersih microwave atau cukup diletakkan di dalamnya untuk menyerap bau.

Dikutip dari Rhythm of the Home, Rabu (19/4/2023), berikut enam bahan alami untuk menghilangkan bau gosong pada microwave.

Cengkeh

Ilustrasi cengkeh
PIXABAY/ABUYOTAM Ilustrasi cengkeh
Terkadang dibutuhkan bau yang kuat untuk menghilangkan bau kuat lainnya. Memasukkan aroma yang sedap ke dalam microwave bisa menjadi solusi efektif untuk menekan bau yang tidak diinginkan.

Cengkeh merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat penyerap bau. Masukkan semangkuk kecil cengkeh ke dalam microwave, lalu diamkan hingga keesokan harinya.

Baca juga: Cara Membasmi Tawon di Rumah, Pakai Lemon dan Cengkeh

Kopi

Kopi dapat berfungsi sebagai pengharum alami sehingga menjadi pilihan baik untuk menghilangkan bau tak sedap dari microwave.

Gunakan campuran dua sendok makan kopi bubuk dan setengah cangkir air dan masukkan ke microwave sekitar tiga sampai empat menit untuk menghilangkan bau gosong.

Arang

Menghilangkan bau microwave dapat menggunakan beberapa potong arang. Diamkan arang di dalam microwave tanpa perlu dipanaskan.

Waktunya bisa bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan bau yang mengganggu. Disarankan  mendiamkan arang semalaman saat microwave tidak digunakan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Makanan di Kulkas dengan Bubuk Arang Aktif

Alkohol gosok

Menggunakan alkohol gosok membutuhkan sedikit kerja ekstra karena harus mengelap setiap bagian area di dalam microwave.

Pastikan membersihkannya dengan teliti. Seka alkohol gosok dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air sabun.

Biarkan udara masuk ke microwave selama beberapa saat karena pengeringan yang tepat penting untuk menghilangkan bau secara efektif. 

Baca juga: Cara Membersihan Microwave Pakai Cuka dan Ekstrak Vanila

Cuka

Ilustrasi cuka putih.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka putih.
Cuka sangat efektif menghilangkan bau yang disebabkan minyak yang mengeras atau noda membandel lainnya yang tidak dapat dihilangkan dengan mudah.

Bersihkan bagian pelat putar dengan larutan yang terbuat dari cuka dan air dengan takaran sama. Seka semua permukaan di dalam microwave untuk menghilangkan bau gosong yang masih tersisa.

Jika terdapat kotoran yang menempel dan tidak mudah lepas, disarankan mendiamkan larutan cuka di dalam microwave selama beberapa menit sebelum mengelap setiap permukaannya lagi.

Baca juga: 9 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah, Pakai Cuka hingga Lemon 

Baking soda 

Baking soda memiliki sifat penyerap yang efektif untuk menghilangkan bau gosong membandel di dalam microwave.

Tempatkan bubuk baking soda dalam jumlah cukup ke dalam mangkuk, diamkan semalaman di dalam microwave yang sudah dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com