Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2023, 15:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan populer di dunia. Anjing dikenal sebagai hewan peliharaan yang luar biasa, karena bisa setia pada pemiliknya dan menjadi sahabat yang baik.

Dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (19/4/2023), anjing menunjukkan kasih sayang kepada pemiliknya dengan cara selain pelukan dan senyuman.

Seekor anjing mungkin menunjukkan kasih sayang dengan bersandar pada Anda, membawakan mainan, atau membawa barang-barang Anda. Anjing mengekspresikan emosinya dalam berbagai cara mulai dari yang sangat halus hingga yang sangat jelas, sehingga sulit untuk mengatakan apa itu ekspresi positif atau ekspresi negatif.

Baca juga: Amankah Air Kolam Renang Klorin untuk Anjing Berenang?

Ilustrasi seorang anak perempuan yang tengah memeluk anjing peliharaannya.Vitaliy Zalishchyker Ilustrasi seorang anak perempuan yang tengah memeluk anjing peliharaannya.

Berikut beberapa cara anjing menunjukkan cinta pada pemiliknya.

1. Kontak mata

Kontak mata yang lama dan berkelanjutan diperuntukkan bagi orang yang Anda cintai, percayai, dan merasa aman bersamanya.

Hal yang sama berlaku untuk anjing. Mempertahankan kontak mata bukan hanya cara yang berguna saat Anda melatih anjing, ini juga dapat membantu Anda menciptakan ikatan yang dalam.

Faktanya, saat anjing menatap Anda, otaknya melepaskan oksitosin. Dikenal sebagai "hormon cinta", oksitosin adalah hormon yang sama yang dilepaskan otak ibu saat mereka pertama kali terikat dengan bayinya.

Baca juga: Jangan Sepele, Ini Ragam Tanda Anjing Stres dan Cara Mengelolanya

Kuncinya adalah mempertahankan kontak mata alami saat Anda sedang bermain atau berpelukan. Jika Anda memaksakan kontak mata dengan anjing, ia mungkin akan merasa sedikit tidak nyaman dan memalingkan muka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com