Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2023, 17:23 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jik memiliki balkon dan ingin menambahkan dekorasi, tanaman hias merupakan pilihan yang bagus. Selain menambahkan warna, tanaman akan menghadirkan kesegaran di balkon.

Ada berbagai tanaman hias yang bisa mempercantik balkon, baik tanaman hias daun maupun bunga, tanpa memerlukan banyak perawatan.  

Dilansir dari Home Triangle, Rabu (19/4/2023), berikut lima pilihan tanaman hias untuk menghias balkon.

Baca juga: 4 Cara Merawat Tanaman di Balkon Rumah agar Tampak Segar dan Sejuk

Palem

Ilustrasi tanaman palem majesty.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi tanaman palem majesty.
Palem berasal dari iklim tropis dan subtropis. Daunnya yang selalu hijau dan tersusun di atas batang yang tak bercabang menjadikannya hiasan yang bagus untuk balkon rumah. 

Tanam tanaman palem di dalam pot berukuran sedang hingga besar untuk menopang tinggi tanaman serta letakkan di tempat yang dapat menerima sinar matahari tidak langsung.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Palem di Dalam Ruangan

Marigold

Bunga marigold mekar dalam warna kuning, oranye, dan merah marun. Marigold hanya membutuhkan sedikit perawatan, tahan terhadap kekeringan, serta tumbuh baik di daerah beriklim tropis, subtropis, dan sedang. Marigold juga sangat baik mencegah nyamuk dan kumbang di taman serta balkon. 

Baca juga: 8 Fakta Menarik Marigold, Tanaman Pengusir Nyamuk Selain Lavender

Coleus

Dedaunan merah, merah tua, pink,  dan kuning dari varietas coleus membawa warna  menarik ke balkon.

Anda bisa mengelompokkan tanaman coleus dalam pot berukuran sedang atau menempatkannya secara terpisah dengan pot gantung kecil untuk tampilan vertikal.

Baca juga: Ciptakan Halaman Rumah Cantik dan Berwarna dengan Tanaman Coleus

Pakis

Ilustrasi tanaman pothos jenis Marble queen pothos, Ilustrasi tanaman sirih gading.Unsplash/feeypflanzen Ilustrasi tanaman pothos jenis Marble queen pothos, Ilustrasi tanaman sirih gading.
Pakis akan menambahkan sentuhan tanaman hijau yang subur dan elegan di balkon. Pakis tumbuh subur di bawah naungan dengan cahaya menyebar sehingga cocok untuk balkon dan area di luar ruangan. Tanaman ini sangat dekoratif dan mudah dirawat.

Baca juga: 6 Jenis Pakis Hias Cantik yang Cocok Dikoleksi di Rumah

Pothos

Pothos merupakan salah satu tanaman hias paling mudah dan aman ditanam di balkon rumah. Tanaman ini memiliki daun berbentuk hati berwarna hijau dengan bintik-bintik kuning.

Tanaman pothos juga bagus dalam meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dengan menghilangkan racun seperti formaldehida dari udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com