Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Dapat Menyegarkan Balkon Rumah

Kompas.com - 18/01/2023, 17:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruangan yang terbatas sering kali kesulitan untuk meletakkan tanaman.

Namun, jika memiliki balkon di rumah, area ini bisa dimanfaatkan untuk meletakkan berbagai tanaman. Ada berbagai macam tanaman yang dapat ditanam dan tumbuh subur di balkon, dari tanaman daun maupun bunga. 

Dilansir dari Houzz, Rabu (18/1/2023), berikut beberapa tanaman hias yang dapat menyegarkan balkon rumah. 

Baca juga: 11 Bunga yang Cocok Ditanam di Balkon, Penuh Warna dan Wangi

Palem

Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)Shutterstock/Wheatfieldstock Ilustrasi tanaman Palem parlor (Chamaedorea elegans)
Berasal dari iklim tropis dan subtropis, sebagian besar tanaman palem memiliki daun hijau yang tersusun di atas batang tanpa cabang.

Tanaman palem pot dapat tumbuh subur di iklim hangat atau panas, mampu mentoleransi penyiraman yang tidak teratur, perlu mendapat naungan cukup baik.

Ada banyak pilihan tanaman palem yang bisa diletakkan di balkon, di antaranya areca palm (Dypsis lutescens), palem bambu (Chamaedorea seifrizii), palem lady (Rhapis excelsa), dan palem kucing (Chamaedorea kataartar). 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon Rumah

Marigold

Bunga dari spesies tahunan ini mekar dalam berbagai warna seperti kuning, oranye, dan merah marun. Namun, oranye yang paling umum. 

Marigold adalah tanaman hias yang toleran terhadap kekeringan, perawatan rendah, serta tumbuh baik di iklim tropis, subtropis, dan sedang.

Marigold diyakini dapat mencegah hama secara efektif seperti nyamuk dan kumbang. Marigold Perancis (Tagetes patula), marigold Afrika (Tagetes erecta), dan marigold meterai (Tagetes tenuifolia) adalah varietas yang banyak dibudidayakan.

Tanaman marigold mudah beradaptasi dengan lingkungan panas, lembap, dan kering sehingga cocok diletakkan di balkon dan teras. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Balkon Rumah agar Menjadi Area Hiburan

Pothos

Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading. Shutterstock/Firn Ilustrasi tanaman pothos atau sirih gading.
Pothos memiliki daun berbentuk hati hijau berbintik kuning, membutuhkan bantuan akar udara untuk memanjat, dan mengelilingi penyangga apa pun.

Sifatnya yang kuat dan tangguh membuat pothos cocok untuk melawan perbedaan suhu serta perubahan cuaca mendadak secara efektif.

Tanaman pothos dapat meningkatkan IAQ (kualitas udara dalam ruangan) dengan menghilangkan racun seperti formaldehida dari udara.

Pothos hadir dalam beberapa varietas, di antaranya pothos emas, pothos ratu marmer, pothos neon, serta pothos manjula, tergantung pada warna dan bintik-bintik yang dimiliki daunnya.  

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Balkon Sempit yang Nyaman dan Sedap Dipandang

Pakis

Tanaman pakis berkembang paling baik di bawah naungan dengan cahaya menyebar sehingga tumbuh sempurna di balkon dan area di luar ruangan.

Selain itu, tanaman pakis sangat dekoratif dan mudah dirawat. Spesies umum yang dapat menjadi pilihan adalah pakis Boston (Nephrolepis exaltata), pakis holly India Timur (Arachniodes simplicior), pakis lady (Athyrium filix-femina) dan pakis burung unta (matteuccia struthiopteris). 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Krisan di Pot, Bisa Mempercantik Balkon

Coleus

Varietas Coleus memiliki daun berwarna cerah berbintik-bintik merah, merah tua, merah muda, dan kuning. Tanaman ini dapat membawa semburat warna ke balkon sepanjang tahun.

Solenostemon scutellarioides adalah spesies coleus dekoratif yang tersedia dalam rangkaian warna dan pola indah pada daunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com