Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2023, 13:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Life Savvy

JAKARTA, KOMPAS.com - Susu segar atau susu cair sebaiknya disimpan di kulkas untuk menjaga kesegarannya.

Akan tetapi, jangan menyimpan susu di rak pintu kulkas karena perubahan suhu ketika pintu kulkas dibuka bisa mengganggu kesegaran susu.

Dikutip dari Life Savvy, Selasa (25/4/2023), sebaiknya simpan susu di bagian belakang kulkas untuk memaksimalkan kesegarannya.

Baca juga: Amankah Meletakkan Makanan dan Minuman Panas ke Dalam Kulkas?

Ilustrasi susu di kulkas, menyimpan susu di kulkas. SHUTTERSTOCK/OLEKSBOIKO Ilustrasi susu di kulkas, menyimpan susu di kulkas.

Ketika menyimpan susu di kulkas , susu disimpan paling segar pada suhu 2,7 derajat celcius. Anda mungkin tergoda untuk menyimpan susu di pintu kulkas agar mudah diakses, tetapi pintu sebenarnya adalah tempat terhangat di kulkas.

Karena Anda terus-menerus membuka dan menutup pintu kulkas, area ini memiliki akses paling banyak ke udara terbuka. Hal ini dapat menyebabkan suhu susu berfluktuasi.

Menyimpan susu di bagian belakang kulkas akan membuatnya lebih dekat dengan ventilasi pendingin, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menyimpan susu.

Sebaiknya simpan susu di rak bawah. Ini mungkin berarti Anda harus menyimpan karton susu di sisinya agar pas dan pastikan untuk mengencangkan tutupnya.

Baca juga: Berapa Lama Daging Sapi Bisa Disimpan di Kulkas dan Freezer?

Pada dasarnya, menyimpan susu di rak paling bawah di bagian belakang kulkas adalah cara memaksimalkan masa simpannya, mempertahankan rasa, dan mencegah Anda membuang susu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com