Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2023, 08:02 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendaur ulang sesuatu barang memiliki tujuan baik, seperti menjaga lingkungan hidup, menambah sampah, dan menghemat pengeluaran membeli barang baru

Sayangnya, ada beberapa barang yang tidak dapat didaur ulang. Maka itu, sangat penting  mengetahui apa yang sebenarnya bisa didaur ulang dan apa yang tidak akan didaur ulang saat Anda membuangnya ke tempat sampah.  

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Menyimpan Barang di Area Bawah Wastafel

Jika tidak, Anda akan mencemari proses daur ulang, bahkan menambahkan limbah berbahaya ke tempat sampah daur ulang Anda.

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (25/4/2023), berikut sejumlah barang yang tidak dapat didaur ulang.

Tutup botol plastik

Ilustrasi sampah plastik yang bisa dikreasikan. PIXABAY/stux Ilustrasi sampah plastik yang bisa dikreasikan.
Dalam banyak kasus, tutup plastik dan tutup botol tidak dapat didaur ulang karena terbuat dari jenis plastik berbeda dengan botolnya.

Jika memaksa mencapurnya, ini akan mencemari sisa sampah daur ulang lainnya. Namun, ada beberapa tutup botol memiliki simbol daur ulang sehingga bisa dibuang ke tempat sampah daur ulang. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Dilakukan Banyak Orang, Apa Saja?

Tisu kertas 

Meski bisa mendaur ulang kertas, tapi tidak dengan tisu kertas. Hal ini karena ketika kertas didaur ulang, kualitasnya akan menurun setiap kali melalui proses ini.

Ketika kualitas terendah tercapai, barang terakhir yang dapat diubah menjadi tisu adalah tisu dapur. Akibatnya, Anda tidak dapat mendaur ulang tisu, tetapi dapat menambahkannya ke tumpukan kompos di kebun.

Gantungan baju

Ilustrasi gantungan baju kawat. SHUTTERSTOCK/NATTAWIT KHOMSANIT Ilustrasi gantungan baju kawat.
Selanjutnya, barang yang tidak dapat didaur ulang adalah gantungan baju karena dapat tersangkut di peralatan dan menjadi bahaya keselamatan serius.

Demikian pula, gantungan kayu tidak dapat didaur ulang karena biasanya kayu yang digunakan sudah diolah. Anda bisa berkreasi dan menggunakan kembali gantungan baju atau membuangnya. 

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Barang di Kamar Tidur Kecil agar Tidak Berantakan

Baterai

Baterai yang sudah tidak terpakai dianggap sebagai limbah berbahaya karena memiliki sifat korosif yang dapat membahayakan orang lain, termasuk risiko kebakaran, terutama untuk baterai lithium-ion.

Hal ini membuat baterai sebagai barang yang tidak dapat didaur ulang. 

Kantong dan bungkus plastik 

Sama dengan kertas sobek, kantong plastik terlalu ringan untuk didaur ulang. Selain itu, kantong plastik dapat terpelintir dan tersangkut di peralatan daur ulang sehingga dapat menimbulkan situasi berbahaya.

Salah satu solusinya adalah memeriksa apakah toko kelontong setempat memiliki tempat sampah untuk kantong semacam itu atau beralih ke kantong kain ramah lingkungan yang dapat dicuci di mesin cuci.  

Baca juga: Simak, 6 Cara Merapikan Rumah Tanpa Membuang Barang

Kotak makanan

Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.SHUTTERSTOCK/HEDGEHOG94 Ilustrasi menyimpan makanan di wadah plastik.
Kotak makanan beku juga menjadi barang yang tidak dapat didaur ulang sehingga harus menghindari membuangnya ke tempat sampah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com