Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 6 Cara Merapikan Rumah Tanpa Membuang Barang

Kompas.com - 13/04/2023, 17:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali kita memiliki terlalu banyak barang di rumah, seperti misalnya pakaian, aksesoris, atau peralatan dapur. Akan tetapi, merapikan rumah Anda bisa menjadi tantangan.

Bahkan jika Anda tidak menggunakan suatu barang, akan terasa tidak nyaman untuk berpisah dengan barang tersebut karena Anda tahu barang itu akan dibuang. Namun demikian, jangan khawatir, sebab Anda bisa merapikan rumah tanpa harus membuang barang.

Dikutip dari Real Homes, Kamis (13/4/2023), berikut beberapa cara merapikan rumah tanpa harus membuang barang.

Baca juga: Antiribet, Ini 4 Cara Mudah Merapikan Lemari Pakaian

Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis. Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis.

1. Mulailah dengan membereskan barang-barang

Pertama, pertimbangkan apa ide Anda tentang decluttering. Definisi declutter adalah menghilangkan penumpukan barang dari ruangan atau area tertentu, untuk tidak membuang barang-barang Anda, kata Briana dan Erica Spruille, penyelenggara profesional dan pendiri Just BE.

Yang benar adalah Anda tahu kapan saatnya untuk melakukan decluttering, yakni ketika ruangan telah menjadi penuh atau tidak lagi dapat digunakan untuk tujuan yang dimaksudkan.

Spruille merekomendasikan untuk memulai dengan memilah ruang yang paling mudah ditangani, misalnya meja dapur.

Mulailah dengan membuat dua tumpukan untuk hal-hal yang ingin Anda simpan dan hal-hal yang ingin singkirkan. Kemudian temukan rumah untuk apa yang ingin Anda pertahankan.

Baca juga: 5 Tips Merapikan Rumah Menurut Feng Shui untuk Datangkan Kebahagiaan

Misalnya, tambahkan deretan pengait di pintu masuk rumah sehingga kunci dan tas jinjing dapat diletakkan di sana saat masuk, atau tempatkan tempat sampah di lemari untuk pertukaran musiman agar pemilihan pakaian lebih mudah, saran mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com