Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Menyimpan dan Merapikan Peralatan Dapur Berukuran Kecil

Kompas.com - 10/06/2022, 16:25 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Peralatan dapur berukuran kecil seperti sendok dan garpu, piring, teko, pemanggang roti, blender, pisau, dan talenan memang tidak memakan ruang.

Peralatan ini bisa diletakkan ruang penyimpanan yang ada sehingga tidak perlu membeli kabinet baru atau tempat penyimpanan yang lebih besar.

Baca juga: 6 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Peralatan Dapur

Akan tetapi, terkadang peralatan dapur berukuran kecil juga bisa membuat dapur terlihat berantakan dan terasa penuh bila tidak menatanya dengan baik. 

Meski berukuran kecil, tata letak menyimpannya juga harus diperhatikan guna memaksimalkan ruang penyimpanan.

Untuk memaksimalkannya, dikutip dari The Kitchn, Jumat (9/6/2022), berikut beberapa tips menyimpan dan merapikan peralatan dapur berukuran kecil

Baca juga: 6 Perawatan yang Dapat Membuat Peralatan Dapur Tahan Lama

Perhatikan frekuensi penggunaan barang

Ilustrasi blender.SHUTTERSTOCK/NAZAROVSERGEY Ilustrasi blender.

Profesional organizer dan pemilik Put it Simply Organizing, Liz Bremer, memiliki aturan “seminggu sekali” yang bisa kamu coba terapkan.

“Jika menggunakan barang lebih dari sekali dalam seminggu, bisa menaruhnya di meja dapur. Jika tidak, simpan saja,” ujar dia.

Jadi, barang-barang yang jarang digunakan sebaiknya disimpan di ruanga penyimpanan lain alih-alih ditumpuk semua di atas meja dapur. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Dapur Tetap Rapi dan Teratur

Barang yang berat ditaruh di rak bawah

Sharon Lowenheim, profesional organizer dan pemilik Organizing Goddess, memiliki aturan penting dalam penyimpanan dan keselamatan.

Menurutnya, peralatan dapur yang berat harus selalu ditaruh di bagian bawah ruang penyimpanan demi mencegahnya terjatuh dan mengenai kaki atau anggota tubuh lainnya. 

Baca juga: Bahaya Menggunakan Peralatan Dapur yang Sama Saat Menyiapkan Makanan

Manfaatkan kabinet sudut

Ilustrasi peralatan makan, ilustrasi peralatan dapur, ilustrasi peralatan makan berbahan kayu.SHUTTERSTOCK / Africa Studio Ilustrasi peralatan makan, ilustrasi peralatan dapur, ilustrasi peralatan makan berbahan kayu.

Beberapa orang memiliki kabinet penghubung yang diletakkn di sudut dinding. Alih-alih membiarkannya kosong, manfaatkan untuk menyimpan peralatan dapur berukuran kecil.

Ruangnya yang dalam dan memiliki sudut canggung dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan peralatan berbentuk canggung.

Manfaatkan ruang mencuci pakaian

Jika tidak memiliki cukup ruang di dapur, Anda bisa menggunakan ruang mencuci pakaian untuk menyimpan peralatan dapur berukuran kecil. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com