Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Menggunakan Peralatan Dapur yang Sama Saat Menyiapkan Makanan

Kompas.com - 13/04/2022, 13:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kegiatan menyiapkan makanan terkadang membutuhkan waktu  cukup lama, terlebih jika jumlah kudapan yang dihidangkan banyak.

Untuk menghemat waktu sembari meminimalkan barang yang perlu dicuci, sebagian orang memilih menggunakan peralatan dapur yang sama ketika menyiapkan makanan. 

Baca juga: 8 Hal yang Tidak Harus Dilakukan saat Memasak di Dapur

Padahal, disadur dari Martha Stewart, Rabu (13/4/2022), Tamika Sims, Senior Director of Food Technology Communications di International Food Infomation Council, hal tersebut sebaiknya dihindari.

Ia menjelaskan, menggunakan satu pisau atau sendok pada beberapa makanan tertentu memungkinkan perpindahan bakteri berbahaya dari satu jenis makanan ke jenis makanan lainnya.

Daging mentah, unggas, makanan laut, dan telur dapat menyebarkan bakteri seperti salmonella dan e-coli ke makanan siap saji jika kamu tidak memisahkannya,” tutur Sims. 

Baca juga: 5 Peralatan Dapur Terbaik di Kelasnya yang Wajib Dimiliki

Hati-hati jika ingin mencampur bahan makanan

Ilustrasi pisau, memotong sayuran dengan pisau. FREEPIK/RAWPIXEL.COM Ilustrasi pisau, memotong sayuran dengan pisau.

Selain tidak menggunakan peralatan dapur yang sama ketika menyiapkan makanan, bahan-bahan makanan pun perlu dipisahkan satu sama lain.

Menurut Sims, sebaiknya jangan mencampur makanan yang tidak tahan lama dengan makanan tahan lama.

Baca juga: Cara Tepat Menyimpan Berbagai Bahan Makanan, dari Buah hingga Daging

“Dalam kasus agar-agar dan selai kacang, sebaiknya jangan memasukkan agar-agar ke selai kacang. Agar-agar perlu pendinginan setelah dibuka, sementara selai kacang tidak,” ujar Sims.

Dia menambahkan, agar-agar tidak akan langsung membuat selai kacang menjadi busuk. Namun, ini merupakan aturan praktis untuk tidak mencampur makanan yang perlu didinginkan dengan yang tidak perlu. 

Baca juga: Ingin Membeli Meja Countertops untuk Dapur? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Perhatikan urutan persiapan makanan

Ilustrasi memotong daging dengan pisau. Dok. Shutterstock/David Tadevosian Ilustrasi memotong daging dengan pisau.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan, hampir 48 juta orang sakit, 128 ribu orang dirawat di rumah sakit, dan 3.000 orang meninggal akibat penyakit bawaan makanan setiap tahunnya di seluruh Amerika Serikat.

Guna mencegah hal tersebut terjadi kepada kamu dan anggota keluarga yang lain, sebaiknya perhatikan urutan persiapan makanan supaya tidak terjadi kontaminasi silang yang berbahaya.

Baca juga: Catat, Ini 7 Sayuran yang Memiliki Usia Penyimpanan Paling Lama

“Siapkan buah dan sayuran sebelum daging mentah dan unggas. Gunakan peralatan, tangan, dan permukaan yang bersih di antara persiapan setiap jenis makanan,” tegas Sims.

Sims juga mengingatkan kembali bahwa daging mentah, unggas, dan makanan laut sebaiknya dijauhkan dari bahan makanan lain di dalam kulkas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com