Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang yang Tak Boleh Diletakkan di Bawah Wastafel dan Bak Cuci Piring

Kompas.com - 06/01/2023, 10:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian bawah wastafel kamar mandi dan bak cuci piring sering kali menjadi tempat yang ideal untuk meletakkan banyak barang. Padahal, ahli kebersihan melarang untuk meletakka barang di tempat tersebut. 

Sebab, kondisi di bawah wastafel dan bak cuci piring gelap dan lembap sehingga dapat menjadi pertumbuhan jamur. Selain itu, tempat ini juga rentan terhadap kebocoran dari pipa.

Dilansir Express.co.uk, Jumat (6/1/2023), menurut Jennifer Rodriguez, chief hygiene officer at Pro Housekeepers, barang-barang penting seperti kantong sampah dan persediaan pembersih tidak akan rusak di bawah bak cuci piring, tetapi hal yang sama tidak berlaku untuk beberapa peralatan memasak populer.

Baca juga: Catat, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Wastafel Dapur

Ilustrasi penyimpanan di bawah wastafel. SHUTTERSTOCK/FLAUMA Ilustrasi penyimpanan di bawah wastafel.

Berikut beberapa barang yang tidak boleh diletakkan di bawah wastafel dan bak cuci piring.

1. Barang elektronik 

Beberapa barang elektronik memasak seperti slow cooker, blender, dan lainnya tidak diperbolehkan diletakkan di bawah bak cuci piring. Akan ada bahaya kebocoran dari pipa sehingga memicu terjadinya kerusakan.

Meskipun tidak akan ada kebocoran, namun tingkat kelembapan yang tinggi juga berrisiko merusak alat elektronik. Kemungkinan kelembapan akan menjadikan alat berkarat dan menyebabkan kerusakan pada alat.

2. Produk kertas

Tisu, paper bag, dan lap mungkin mudah diakses ketika diletakkan di bawah bak cuci piring, namun ini sama berrisiko rusak seperti alat elektronik.

Baca juga: Jangan Buang 5 Sisa Makanan Ini ke Bak Cuci Piring, Bikin Mampet

Rodriguez mengatakan jika menyimpan produk kertas di bawah bak cuci piring dapat merusaknya karena kelembapan pada area tersebut.

Sebaiknya letakkan barang ini di kabinet khusus untuk mereka agar lebih mudah dan aman saat disimpan dan digunakan. Ahli di Prime Custom Builders menambahkan, meskipun tidak terjadi kebocoran, namun produk ini bisa terpapar bakteri dan jamur karena diletakkan di tempat yang lembap. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com