Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 6 Hal Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Wastafel Dapur

Kompas.com - 04/01/2023, 15:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel dapur menjadi peralatan yang sering digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, mengisi panci, mencuci bahan makan, hingga mempersiapkan makanan. 

Namun, tak jarang, wastafel juga menjadi tempat pembuangan sampah dari sisa-sisa makanan. Padahal, hal ini tak boleh dilakukan karena bisa menyumbat saluran pembuangan wastafel dan menyebabkannya berbau. 

Baca juga: 5 Material Terbaik Wastafel Dapur dan Plus Minusnya

Tentu saja, wastafel yang mampet dan berbau tak hanya menghambat pekerjaan mencuci piring, tapi juga mengganggu kenyamanan rumah.

Mengatasi wastafel dapur yang tersumbat bukan tugas perawatan yang mudah dan diinginkan banyak orang. Maka itu, penting menghindari membuang sampah atau benda-benda ke saluran wastafel.

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (4/1/2023), berikut sejumlah hal yang tidak boleh dibuang ke saluran wastafel dapur.   

Sisa lemak makanan 

Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur stainless steel.
Membersihkan minyak dan lemak masakan tidak semudah membuangnya ke saluran wastafel. Sebab,setelah dingin, lemak dan minyak dapat menyumbat saluran wastafel. 

Untuk mengatasi hal ini, terkadang sampai membutuhkan perawatan profesional. Sebaiknya, membiarkan minyak dan lemak mengeras sebelum membuangnya ke tempat sampah. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Menghilangkan Bau pada Wastafel Dapur 

Bubuk kopi

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dibuang ke saluran wastafel dapur adalah bubuk kopi. bubuk kopi dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem saluran wastafel.

Hal ini karena bubuk kopi dapat membentuk pasta kental saat basah, yang akhirnya menyebabkan penyumbatan. 

Makanan kering 

Meski makanan kering, seperti pasta, oat, dan nasi, dapat terurai dengan mudah di saluran wasatfel, bahan-bahan tersebut cenderung mengembang saat basah.

Dengan cairan yang masuk ke saluran wasatfel hampir setiap hari, butiran kecil yang tidak dicurigai ini dapat dengan cepat menumpuk, mengembang, dan menyebabkan penyumbatan yang berbau busuk.

Tentu saja, dalam jumlah kecil, seperti sisa makan malam, ini akan baik-baik saja saat tidak sengaja masuk ke saluran wastafel. Namun, dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah.  

Baca juga: Barang yang Boleh dan Harus Disingkirkan dari Bawah Wastafel Dapur 

Buah dan sayuran 

Jika berlebihan dikonsumsi, beberapa sayuran bisa menaikkan berat badan.PIXABAY/JILLWELLINGTON Jika berlebihan dikonsumsi, beberapa sayuran bisa menaikkan berat badan.
Buah dan sayuran, seperti asparagus dan seledri, juga menjadi hal yang tidak boleh dibuang ke saluran wastafel dapur. 

Sayuran ini dapat terjerat di sekitar komponen pembuangan limbah sehingga menyebabkan wastafel tersumbat dan berbau lama-kelaman.

Selain itu, sampah ini hampir tidak mungkin dihilangkan saat membersihkan saluran wastafel. Buang sisa makanan ini ke tumpukan kompos jika memungkinkan. 

Baca juga: 4 Tips Mencegah Wastafel Stainless Steel Berkarat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com