Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 13:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comAnjing terkenal memiliki beberapa perilaku menggemaskan, tapi juga membingungkan, salah satunya berputar-putar di tempat tidurnya sebelum berbaring, meringkuk, dan tertidur lelap. 

Rupanya, perilaku tersebut memiliki sejumlah alasan. Dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (8/12/2022), berikut sejumlah penyebab anjing berputar-putar sebelum tidur.

Baca juga: Manfaat Minyak Ikan untuk Anjing dan Kucing Peliharaan

Menjaga diri

Penyebab anjing suka menggigit juga bisa karena kaget, terutama ketika sedang tidur atau ada seseorang atau sesuatu yang tiba-tiba mendekat dari belakang.Unsplash/Irina Swlewcg Penyebab anjing suka menggigit juga bisa karena kaget, terutama ketika sedang tidur atau ada seseorang atau sesuatu yang tiba-tiba mendekat dari belakang.

Registered vet tech (RVT), Liz Waynick, mengatakan salah satu alasan anjing berputar-putar sebelum tidur adalah menjaga diri.

Melalui artikel yang sudah ditinjau dokter hewan bernama Nancy Turner, perilaku ini bertujuan agar anjing bisa mengamati sekelilingnya.

“Mereka dapat melihat sekali lagi segala sesuatu di sekitarnya untuk memastikan tidak ada predator potensial di sekitarnya,” terang Waynick. 

Bahkan anjing melakukan pemeriksaan terakhir pada seluruh anggota kawanan untuk memastikan semuanya aman. Berputar-putar dalam lingkaran penuh juga memungkinkan anjing, terutama anjing liar, serigala, dan coyote, untuk menentukan dari mana angin berasal.

“Jika dapat menentukannya, anjing bisa tidur dengan hidung tertiup angin. Jadi, mereka bisa mencium aroma pemangsa sebelum pemangsa mencium bau mereka,” kata Waynick.

Baca juga: 5 Cara Memperkenalkan Anjing Peliharaan ke Rumah Baru

Membuat tempat tidur yang nyaman

Di alam liar, anjing tidak memiliki tempat tidur dan selimut empuk. Berputar-putar dapat merusak rerumputan tinggi atau mengumpulkan daun pohon pinus menjadi tempat yang nyaman untuk berbaring.

Ketika menjadi hewan peliharaan, anjing memiliki tempat tidur dan selimut yang nyaman. Namun, ini tidak menghentikan anjing mencoba membuat tempat tidur menjadi sedikit lebih nyaman.

Baca juga: Penyebab dan Tanda Anjing Peliharaan Membenci Anjing Lain

Mengatur suhu tubuh

Ilustrasi anjing tidurUnsplash/Adam Grabek Ilustrasi anjing tidur

Baik itu serigala, coyote, maupun anjing liar, telah hidup di semua jenis iklim, dari suhu dingin khas pegunungan hingga panas khas gurun.

Bagi anjing yang harus tidur di salju, mereka sering menggabungkan gerakan berputar-putar dengan menggali salju.

“Dengan menumpul salju di sekitar tempatnya akan tidur, anjing tidak hanya menyelamatkan diri dari tidur di atas salju yang dingin, tapi juga menggunakannya sebagai penyekat dari suhu dingin di sekitarnya,” terang Waynick.

Berputar-putar juga memungkinkan anjing yang tinggal di area lebih dingin untuk meringkuk membentuk bola rapat. Hidungnya akan terselip di bawah ekornya. 

Baca juga: 8 Ras Anjing Berumur Panjang, Ada yang Mencapai 18 Tahun

Bagaimana jika perilaku berputar dilakukan terlalu sering?

Menurut Waynick, perilaku berputar-putar sebelum tidur adalah hal normal yang dilakukan anjing. Namun, jika berputar-putar secara berlebihan atau lebih banyak, ada kemungkinan anjing memiliki kondisi neurologis atau ortopedi seperti osteoartritis.

“Ini bisa jadi karena mencari posisi tidur yang nyaman semakin sulit. Memberi anjing tempat tidur ortopedi yang suportif serta obat nyeri sendi dan nyeri yang tepat dapat membantunya lebih nyaman sehingga mengurangi putaran berlebihan,” ucap Waynick.

Baca juga: Berapa Lama Boleh Meninggalkan Anjing Sendirian di Rumah?

Beberapa anjing juga dapat menderita gangguan obsesif kompulsif, seperti mengejar ekor. Jika rentan terhadap perilaku kompulsif, anjing mungkin mulai berputar secara berlebihan.

Ini merupakan manifestasi lain dari gangguan obsesif kompulsifnya. Untuk perilaku ini, berkonsultasi dengan dokter hewan atau spesialis perilaku hewan diperlukan guna membantu sahabat bulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com