Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 13:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa cara mengetahui kondisi kesehatan anjing peliharaan selain melihat kebiasaan makan dan minumnya, yakni suhu tubuhnya.

Sama dengan manusia, suhu tubuh anjing dapat memberi informasi apakah sahabat bulu sedang kedinginan atau demam.

Baca juga: Ketahui, Ini 5 Jenis Anjing Pit Bull dan Perbedannya

Pada manusia sendiri, suhu tubuh normal adalah 37 derajat Celsius dan kucing pada kisaran 37-39 derajat Celsius.

Lantas, berapa suhu tubuh anjing yang normal? Bagaimana jika suhu tubuhnya berada di bawah atau di atas angka batas norma?

Dilansir dari VCA Animal Hospitals, Sabtu (3/12/2022), suhu tubuh anjing yang normal berada pada kisaran 38,3-39,2 derajat Celsius.

Ilustrasi anjing Belgian Malinois.SHUTTERSTOCK / OlgaOvcharenko Ilustrasi anjing Belgian Malinois.

Menurut artikel yang ditulis dua dokter hewan bernama Malcolm Weir dan Lynn Buzhardt, sama dengan beberapa manusia, anjing mempertahankan suhu dasar sedikit di atas atau di bawah rata-rata.

“Namun, jika suhu hewan peliharaan melebihi 40 derajat Celsius atau berada di bawah 37,2 derajat Celsius segera kunjungi dokter hewan,” tulis artikel tersebut. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Virus Rabies pada Anjing dan Hewan Peliharaan

Suhu tubuh anjing tidak normal

Sayangnya, tidak ada daftar tanda yang menunjukkan hipertermia atau hipotermia pada anjing. Namun, ada beberapa tanda umum yang harus diperhatikan. 

Salah satunya, anjing yang mengalami hipotermia terlihat lesu dan kurang waspada. Mereka mungkin menggigil atau gemetar.

Sementara hipertermia bisa membuat anjing lesu. Namun, mereka sering terengah-enga untuk membuang kelebihan panas tubuh. Gusinya juga menjadi merah tua.

Namun, tanda-tanda tersebut dapat muncul dengan banyak masalah medis. Untuk mengetahui dengan pasti apakah anjing mengalami hipotermia atau hiperermia, kamu harus mengukur suhu tubuhnya.

Baca juga: 4 Penyebab Anjing Membuang Kotoran Sembarangan di Rumah

Cara mengukur suhu tubuh anjing

Ilustrasi anjing Border collie.Shutterstock/Aneta Jungerova Ilustrasi anjing Border collie.

Ada dua jenis termometer yang bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh anjing, yakni digital dan rektal. Digital dapat ditempatkan ke dalam liang telinga dan rektal dimasukkan ke rektum.

Terlepas dari jenis yang digunakan, mengukur suhu tubuh anjing peliharaan tidak bisa dilakukan seorang diri lantaran tidak semua sahabat bulu mau menerimanya.

Mintalah bantuan dari salah satu anggota keluarga untuk memeluk anjing guna memberikan kenyamanan sekaligus menjaganya tetap diam. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com