Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 07:47 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran belatung di dalam rumah tidak hanya cukup mengganggu karena tampilannya yang membuat bergidik beberapa orang.

Sebab, mereka bisa berkembang dan berubah menjadi lalat, yang mana mereka bisa membawa kotoran dari luar ke dalam rumahmu.

Baca juga: Cara Membasmi Belatung, Bisa Pakai Air Panas hingga Cuka

Associated Certified Entomologist di Western Exterminator, Michael Thome, mengatakan, cara termudah untuk mencegah belatung hadir di dalam rumah adalah menjaga tempat sampah dalam keadaan bersih.

“Pastikan semua sampah yang ditaruh ke tempat sampah dibungkus dalam kantong,” terangnya, seperti dilansir Homes and Gardens, Kamis (8/12/2022).

Jika jenis sampahnya sangat menjijikan atau menarik perhatian lalat, misalnya kotoran hewan peliharaan, masukkan ke dalam kantong plastik yang terpisah.

Ilustrasi belatung di tempat sampah. SHUTTERSTOCK/SOPHIECAT Ilustrasi belatung di tempat sampah.

Lalu, buang kantong plastik ke dalam kantong pembungkus tempat sampah. Thome juga menyarankan, tempat sampah sebaiknya memiliki penutup yang tertutup rapat.

Bagaimana rumah sudah terkena serangan belatung?

Apabila hunian sudah terkena serangan belatung, Pest Control Expert bernama Nicholas Martin mengatakan, mereka bisa dibasmi dengan pemutih.

“Kamu bisa mencampur pemutih dengan air, dengan perbandingan 50 : 50. Lalu, tuangkan ke belatung untuk membunuhnya dengan cepat,” ujarnya.

Jika belatung terdapat di dalam tempat sampah, kamu bisa menutupnya usai menuangkan larutan pemutih dan air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com