Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 20:44 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Daging mentah dan makanan beku merupakan bahan makanan yang umum disimpan dalam freezer. 

Hal ini karena dapat menjaga kesegarannya serta membuatnya memiliki usia penyimpanan lebih lama. Namun, ternyata ada beberapa bahan makanan lain yang biasa disimpan di kulkas dapat ditaruh dalam freezer. 

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (21/11/2022), berikut deretan bahan makanan yang dapat disimpan dalam freezer. 

Baca juga: Berapa Lama Menyimpan Daging Giling di Kulkas dan Freezer?

Telur

Ilustrasi telur di kulkas, menyimpan telur di kulkas. SHUTTERSTOCK/LEESTUDIO Ilustrasi telur di kulkas, menyimpan telur di kulkas.

Juru masak sekaligus pemilik sekolah masak Purple Kale Kitchenworks, Ronna Welsh, mengatakan telur bisa disimpan dalam freezer.

“Jika ingin membekukan telur, pecahkan, kocok, dan bekukan dalam wadah kedap udara. Gunakan dalam waktu satu tahun,” tambah Senior Director of Food Technology Communications di International Food Information Council, Tamika Sims.

Cabai kering

Cabai kering juga bisa disimpan dalam freezer. Bahkan, Welsh lebih menyarankan cara penyimpanan ini daripada di lemari dapur karena cabai kering utuh sering dijual dalam bundel besar dalam satu kemasan.

Setelah terpapar cahaya, cabai kering bisa rapuh dan warnanya memudar. Jadi, lebih baik disimpan dalam freezer.

Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Disimpan di Freezer, Apa Saja?

Buah 

Hindari mengonsumsi makanan tinggi tiramin seperti pisang dan alpukat bersamaan dengan obat antidepresi.UNSPLASH/GIORGIO TROVATO Hindari mengonsumsi makanan tinggi tiramin seperti pisang dan alpukat bersamaan dengan obat antidepresi.
Untuk pisang matang yang sudah dikupas, bisa disimpan dalam freezer karena cocok untuk es krim atau smoothie alih-alih membuangnya. 

Sims mencatat bahwa pisang sebaiknya dikupas sebelum dibekukan karena kulitnya sulit dihilangkan setelah buah membeku. “Letakkan pisang yang sudah dikupas dalam kantong freezer atau wadah kedap udara. Buahnya akan tetap baik hingga satu bulan,” ujar Sims.

Baca juga: 6 Bahaya Mengisi Freezer Terlalu Penuh Bahan Makanan

Selanjutnya, buah beri yang hampir terlalu matang dapat diawetkan dengan membekunnya. Pasalnya, buah beri yang hampir matang cenderung cepat busuk.

Caranya, tebarkan beri di atas loyang berlapis kertas perkamen—jenis kertas yang mirip seperti kertas puyer, lalu masukkan ke freezer.

Setelah beku, pindahkan semua buah beri ke dalam wadah kedap udara dan masukkan kembali ke freezer. Ini dapat membuat beri bertahan hingga enam bulan.

Potongan roti

Potongan roti berbentuk kubus (cubed bread) bisa disimpan di freezer. Bahkan, memotong roti dalam bentuk ini disarankan untuk menghemat waktu pembekuan. 

Baca juga: Berapa Lama Menyimpan Daging Giling di Kulkas dan Freezer? 

Air perasan buah

Ilustrasi kopi. SHUTTERSTOCK/I KKADEK FERRY DWI YANTA Ilustrasi kopi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com