Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/10/2022, 22:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyimpan makanan di kulkas adalah hal yang wajar. Akan tetapi, tidak semua makanan akan tahan juga di dalam freezer.

Dikutip dari Martha Stewart, Senin (10/10/2022), Palak Patel, koki di Institute of Culinary Education mengatakan, alasannya sederhana. Tidak semua bahan makanan terasa enak setelah disimpan di dalam freezer.

Secara umum, terang Patel, apa pun yang mengandung susu, atau kandungan air yang sangat tinggi, tidak akan dalam kondisi dengan baik saat dibekukan.

Baca juga: Berapa Lama Daging Beku Bisa Disimpan di Freezer?

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/HAPPY CREATOR Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

Membekukan bahan-bahan makanan ini, atau resep yang menampilkan bahan-bahan ini di depan dan di tengah, akan mengecewakan, tutur Patel.

Patel mengingatkan kita bahwa makanan apa pun yang telah dibekukan dan dicairkan tidak boleh dibekukan kembali, karena bahkan bahan yang paling lezat pun akan menjadi tidak dapat dimakan.

Ini juga merupakan tanda bahaya untuk keamanan pangan, menurut Amy H Simonne, profesor di Institute of Food and Agricultural Sciences, University of Florida, AS.

Menurut Simonne, membekukan makanan tidak menghancurkan semua jejak bakteri dan virus, dan mudah menimbulkan kontaminasi silang atau penyakit bawaan makanan lainnya sebagai akibat dari kontaminasi awal.

Baca juga: 5 Cara Membekukan Makanan di Freezer dengan Benar

Jika Anda meninggalkan makanan setelah Anda memasaknya dan bakteri tumbuh setelah Anda membiarkannya dingin, itu akan terus memengaruhi makanan saat Anda memasukkannya ke dalam freezer.

Berikut beberapa bahan makanan yang tidak boleh disimpan di freezer.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com