Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Disarankan Menanam Bunga Bersamaan dengan Sayuran?

Kompas.com - 31/10/2022, 12:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat dan menanam tanaman di dalam ruangan maupun di kebun, tetap diminati banyak orang hingga saat ini. Namun, tak semudah yang dilihat dari sosial media, menanam dan merawat tanaman harus dibarengi pengetahuan seputar tanaman agar bisa tumbuh dengan subur.

Misalnya, hal yang perlu diketahui adalah menanam bunga di antara tanaman sayuran adalah hal yang baik. Mengapa seperti itu?

Dilansir Southern Living, Senin (31/10/2022), penanaman tanaman pendamping atau meletakkan bunga ramah lebah atau pengusir hama di bedeng tanaman yang sama adalah strategi yang mudah dan alami untuk menjaga tanaman tetap sehat dan meningkatkan panen.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Dilakukan Saat Menanam Tanaman Herbal di Dalam Rumah

Ilustrasi menanam strawberry di pot. SHUTTERSTOCK/LUNARVOGEL Ilustrasi menanam strawberry di pot.

Menanam bunga di bedeng sayuran akan menarik lebah asli dan serangga bermanfaat lainnya. Serangga bermanfaat ini membantu menyebarkan serbuk sari di sekitar, yang mendorong tanaman sayuran untuk tumbuh, berkembang biak, dan menghasilkan makanan.

Mampu mengusir serangga dan hama 

Para ahli di The Old Farmer's Almanac, mengatakan, bunga petunia sangat bagus untuk mengusir serangga, dan ulat tanduk pada tanaman tomat.

Letakkan bunga ini sebagai tanaman pendamping  untuk kacang, tomat, dan jagung. Marigold mengusir hama seperti cacing kubis dan juga menarik serangga yang bermanfaat. 

Bunga zinnias, alyssum manis, dan cosmos semuanya adalah tanaman tahunan yang indah, dan mereka juga menarik penyerbuk ke kebun sayur.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Ketumbar di Polybag

Menambahkan tumbuhan dan membiarkannya berbunga adalah cara lain untuk menarik serangga yang bermanfaat. Thyme dan dill juga sangat efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com