Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2022, 18:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Serai termasuk tanaman herbal atau obat yang banyak ditanam orang di halaman rumah.

Selain memberi tampilan hijau pada kebun atau pekarangan rumah, menanam serai memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan bisa digunakan untuk masakan. 

Baca juga: Selain Serai, Ini 5 Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk di Rumah

Biasanya, tangkai serai paling sering digunakan untuk ragam hidangan atau masakan. Daun hijau pada ujung serai memiliki rasa lebih halus dibanding bagian tangkainya sehingga cocok digunakan untuk membuat teh guna menghangatkan tubuh saat cuaca dingin dan menjaga imunitas. 

Co-founder Kebun Kumara, Siti Soraya Cassandra, mengatakan serai adalah salah satu tanaman herbal yang mudah ditanam sendiri di rumah.

"Bumbu dapur seperti serai mudah ditanam dan dapat dikonsumsi jika sudah masa panen," ujar Sandra kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Sebelum mulai menanam, Sandra menyarankan memperhatikan keadaan paparan sinar matahari. Serai termasuk tanaman herbal yang menyukai paparan sinar matahari sekitar empat jam dalam sehari.  

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk di Kamar Tidur dengan Serai

Ilustrasi serai atau sereh, tanaman sereh, menanam sereh.SHUTTERSTOCK/PERNSANITFOTO Ilustrasi serai atau sereh, tanaman sereh, menanam sereh.
Sementara itu, dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Minggu (23/10/2022), serai tumbuh subur dalam kondisi pertumbuhan yang hangat dengan tanah yang dikeringkan baik dan toleran kekeringan sehingga tidak membutuhkan banyak air.

Tanaman serai dapat ditanam di pot atau kebun herbal. Tanaman serai bisa tumbuh di pot dan taman hingga 1,2 meter dan lebar 80 sentimete. Jadi, pastikan memberi tanaman cukup ruang untuk tumbuh.

Setelah itu, letakkan atau tanam seria tempat hangat dan cerah. Tanaman serai tumbuh subur dalam segala kondisi, tetapi menyukai kehangatan. Jadi, pastikan seraimendapatkan cukup sinar matahari.   

Baca juga: Cara Menanam Serai di Halaman Rumah, Bisa Cegah Nyamuk

Tahapan cara menanam serai

Tanaman serai dapat ditanam pada ketiga tahap kehidupannya. Pertama, Anda dapat membeli biji serai yang membutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk berkecambah. Setelah itu, taburkan benih sedalam lima sentimeter dan jarak 50 sentimeter. 

Kedua, Anda dapat memperbanyak serai dari stek dan tanam di tanah. Pilih tangkai segar serai dari supermarket lokal atau pedagang makanan segar, kupas daun mati, dan tempatkan dalam segelas air di ambang jendela yang cerah.

Setelah beberapa minggu dan melihat akar mulai tumbuh, ambil potongan serai dan letakkan di tanah di kebun. 

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Rumah

Sejujurnya, tidak ada waktu yang tepat dalam setahun untuk menanam tanaman herbal ini karena serai sangat kuat sehingga dapat bertahan di sebagian besar musim.

Ketiga, Anda dapat membeli tanaman serai dan menggunakannya sesuai keinginan. Ingat Anda harus mencabut tangkainya dari tanah untuk digunakan memasak. Jadi, jangan menggunakannya sekaligus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com