Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tanaman Herbal yang Dapat Dimanfaatkan untuk Produk Pembersih

Kompas.com - 01/07/2022, 12:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya, tanaman herbal lebih sering digunakan sebagai pelengkap makanan atau bumbu dapur. Misalnya, selasih yang biasa digunakan untuk membuat minuman segar. 

Padahal, tanaman herbal sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai produk pembersih. Contohnya, rosemary yang bisa digunakan untuk pembersih serbaguna. 

Selain rosemary, diikutip dari Hunker, Jumat (1/7/2022), ada banyak tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai produk pembersih seperti berikut ini.

Baca juga: Tips Tepat Menyimpan Tanaman Herbal agar Tetap Segar

Selasih

Ilustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minumanPixabay/pisauikan Ilustrasi tanaman selasih, tepatnya bagian bijinya yang jika dipanen bisa jadi biji selasih untuk campuran minuman

Selasih merupakan salah satu tanaman herbal yang multifungsi. Tidak hanya mempercantik rumah, selasih juga dapat mengusir lalat dan nyamuk serta menjadi sabun cuci tangan.

Untuk memanfaatkannya, siapkan 236 mililiter air, 64 gram daun selasih segar, 64 gram sabun Castile, botol semprotan berukuran 473 mililiter, dan 20 tetes minyak esensial selasih (opsional). 

Masukkan daun selasih ke wadah apa pun dan rebus air sampai matang, lalu masukkan ke wadah berisi daun selasih.

Tutup wadah dan biarkan suhunya menurun, lalu keluarkan daun selasih dari air. Campurkan air daun selasih dengan sabun Castile ke dalam botol semprot, tambahkan minyak esensial jika ingin, dan semprotkan pada area yang ada lalat serta nyamuk.

Baca juga: 7 Tanaman Herba yang Cocok Ditanam di Pot, Apa Saja?

Pepermint

Ilustrasi peppermintshutterstock Ilustrasi peppermint

Pepermint bisa digunakan sebagai pembersih kaca jendela sekaligus mencegah hama masuk ke rumah.

Caranya, siapkan 32 gram daun pepermint segar, 177 mililiter etanol, 236 mililiter air, 59 mililiter cuka putih suling, sejumput tepung maizena, dan botol semprotan berukuran 473 mililiter.

Masukkan daun pepermint ke stoples dan tuangkan etanol. Tutup stoples dan biarkan campuran selama dua hingga tiga hari sebelum menyaring daunnya. 

Kemudian, campurkan etanol dengan air, cuka putih suling, dan tepung maizena ke dalam botol semprot. Kocok agar campuran merata dan larutan sudah siap digunakan.

Baca juga: Cara Mengusir dan Mencegah Tikus Masuk ke Rumah dengan Peppermint

Rosemari

Aroma rosemary yang kuat juga dapat ditaruh di area rumah sebagai cara mengusir lalat. Menariknya, tanaman ini ternyata juga bisa mencegah kucing.UNSPLASH/ZE FERRARI CARETO Aroma rosemary yang kuat juga dapat ditaruh di area rumah sebagai cara mengusir lalat. Menariknya, tanaman ini ternyata juga bisa mencegah kucing.

Rosemari memiliki sifat disinfektan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih serbaguna untuk membersihkan meja dapur, lantai, maupun kamar mandi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com