Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 13:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam jenis tanaman herbal di Indonesia yang menawarkan beragam manfaat bagi manusia.

Salah satu tanaman herbal yang sangat familiar adalah kunyit. Kunyit mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi kurkumin yang dapat membantu melindungi terhadap kondisi jantung tertentu serta mampu membantu daya ingat.

Baca juga: Ketahui 9 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Tanaman herbal ini juga bisa ditanam sendiri di rumah, bahkan dalam polybag, alih-alih membelinya di pasar. Dilansir dari Cybex Kementerian Pertanian, Jumat (28/10/2022), berikut cara menanam kunyit di polybag. 

Siapkan rimpang kunyit

Ilustrasi kunyit. PIXABAY/MYCCF Ilustrasi kunyit.

Langkah pertama menanam kunyit di polybag adalah melakukan pembibitan dan penyemaian rimpang kunyit terlebih dulu. 

Sesuaikan jumlah rimpang yang digunakan untuk pembibitan dengan jumlah polybag. Sebab, setiap polybag hanya diisi dengan satu bibit saja.

Terkait rimpang kunyit, pilih yang usianya sekitar delapan bulan karena bibit dan tunas yang akan dihasilkan semakin bagus lantaran usianya sudah cukup tua.

Baca juga: Cara Membuat Fungisida Alami dari Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur

Lakukan pembibitan dan penyemaian

Setelah menyiapkan rimpang kunyit, lembapkan tanah di polybag dan letakkan rimpang di atas. Jangan sampai rimpang terkena paparan sinar matahari langsung dalam tahap ini.

Selanjutnya, taburi rimpang kunyit dengan tanah secukupnya. Siram setiap sore dan tunggu hingga mereka tumbuh setinggi 10 sentimeter (cm). Ketika tumbuh, ambil tunas dan potong.

Baca juga: Ragam Kegunaan Kunyit untuk Tanaman dan Kebun

Olah media tanam

Lakukan pengolahan media tanam dengan mencampur gembur, kompos, dan pupuk kandang dengan erbandingannya 2:1:1, lalu isi ke dalam polybag yang telah disiapkan.

Idealnya, polybag yang digunakan berdiameter 20 cm dengan tinggi 40 cm. Campuran media tanam sebaiknya hanya mengisi 30 cm polybag saja.

Setelah mengolah media tanam, letakkan pecahan batu bata atau genting di bagian bawah polybag sebelum memasukkan media tanam untuk mencegahnya terbawa air saat penyiraman. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kunyit di Pot

Tanam bibit kunyit

Ilustrasi kunyit. SHUTTERSTOCK/PHOTO WIN 1 Ilustrasi kunyit.

Setelah media tanam dimasukkan, buat lubang pada media tanam dengan kedalaman sekitar delapan cm. Masukkan setiap tunas ke masing-masing lubang tersebut, kemudian tutup kembali lubang dengan media tanam dan siram tunas secukupnya. 

Pemupukan dan penyiraman

Dalam cara menanam kunyit, pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos atau pupuk organik alih-alih pupuk kimia.

Pemupukan dilakukan setiap sebulan sekali dengan mengombinasikan tanah, pupuk kandang, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Membasmi Hama Tanaman dan Cara Membuatnya

Untuk penyiraman, lakukan setiap dua atau tiga hari sekali untuk menjaga kelembapan media tanam kunyit. Lakukan penyiraman pada sore hari.

Jangan menyiram tanaman kunyit terlalu banyak karena air yang menggenang di bagian bawah polybag bisa menyebabkan rimpang kunyit cepat membusuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com