Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 07:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas membutuhkan banyak energi untuk bekerja terus-menerus. Meskipun kulkas adalah alat penting yang tidak memiliki pengganti, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya menghemat energi.

Dilansir Daily Record, Jumat (28/10/2022), dari penyimpanan makanan hingga pengaturan suhu ideal, para ahli di Beko telah membagikan tips untuk membuat kulkas bekerja lebih efisien, antara lain sebagai berikut. 

1. Lokasi

Posisi kulkas dapat memengaruhi seberapa keras ia harus bekerja. Idealnya, kulkas harus terjauh dari sumber panas, seperti oven dan kompor, dan juga dari sinar matahari langsung.

 

Baca juga: Catat, Ini Area yang Sering Terabaikan Saat Membersihkan Kulkas

Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas.

Letakkan setidaknya ada lima sentimeter ruang kosong di sekitar sisi, belakang dan atas untuk ventilasi karena, tanpa celah udara, kulkas tidak akan bisa melepaskan panas dari kompresor. 

Pada gilirannya, ini dapat menyebabkan kulkas menjadi panas dan bekerja lebih keras dan lebih lama untuk menjaga keamanan makanan.

2. Suhu

Angka-angka pada pemutar suhu kulkas menunjukkan daya pendingin. Semakin tinggi angkanya, semakin dingin kulkas akan bertahan.

Jika termostat menunjukkan angka satu hingga lima, menyetelnya ke lima akan membuat kulkas Anda menjadi yang terdingin. Tetapi suhu yang dipilih mungkin bukan suhu yang Anda dapatkan.

 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kulkas Bau Tak Sedap

Beko, merek peralatan rumah tangga di Inggris, mengatakan, suhu kulkas yang ideal adalah antara 2,2 derajat dan 3,3 derajat celcius.

Jika termometer berada di ujung bawah kisaran, setel sedikit tombol suhu kulkas dan ini dapat menjadi penghematan energi. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com