Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Barang yang Tak Perlu Diletakkan di Meja Dapur Menurut Ahli

Kompas.com - 26/10/2022, 16:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehadiran meja dapur dapat membuat kegiatan memasak, mengolah makanan, dan menyiapkan hidangan ebih mudah.

Selain itu, meja dapur juga dapat digunakan untuk meletakkan sejumlah peralatan dapur serta menaruh buku masak.

Baca juga: 10 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Ditaruh di Meja Dapur

Akan tetapi, beberapa orang menjadi terlalu asyik memanfaatkan meja dapur untuk menaruh barang hingga permukaan meja menjadi penuh.

Padahal, disadur dari The Kitchn, Rabu (26/10/2022), ada beberapa peralatan dapur yang sebaiknya tidak ditaruh di meja dapur karena dapat membuatnya menjadi berantakan sebagai berikut.

Peralatan yang jarang dipakai

Ilustrasi juicer.Shutterstock/ABO PHOTOGRAPHY Ilustrasi juicer.

Professional Organizer di Sweet Digs, Pia Thompson, dan Personal Organizer di Uncluttered Simply, Esther Konz, mengatakan peralatan dapur yang jarang digunakan tidak perlu ditaruh di meja dapur seperti pembuat jus atau cetakan wafel.

Beberapa orang sengaja meninggalkan barang-barang tersebut di atas meja dapur agar lebih mudah mencarinya meski tidak diperlukan. Akibatnya, hal itu menjadi sesuatu yang wajar. 

Baca juga: 4 Tips Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik dan Mewah

Akan tetapi, Thompson dan Konz menyarankan umenghindari kebiasaan ini, terutama jika ruang dapur atau permukaan meja dapur berukuran sangat terbatas.

“Jika tidak menggunakannya setiap kali memasak, mereka menghabiskan terlalu banyak ruang di meja dapur,” ujar Thompson.

Karena itu, peralatan yang tidak setiap hari digunakan sebaiknya dikembalikan ke tempatnya semula alih-alih membiarkannya di atas meja dapur. 

Baca juga: 4 Cara Menyelaraskan Tampilan Backsplash dan Meja Dapur

Makanan

Ilustrasi buah apel. FREEPIK/KAMRANAYDINOV Ilustrasi buah apel.

Saat sedang memasak, tentunya semua produk makanan dan bumbu dapur yang dibutuhkan akan ditaruh di meja dapur guna memudahkan saat ingin digunakan. Namun, menyimpan makanan secara terus-menerus di sana dapat membuat meja dapur menjadi berantakan.

Buah adalah salah satu makanan yang paling sering dibiarkan di meja dapur. Padahal, hal ini  dapat membantu mendorongmu untuk makan lebih banyak buah, tetapi juga membuat meja dapur berantakan.

Selain buah, deretan makanan lain seperti camilan kue pun sering ditaruh di meja dapur. Sebaiknya, hindari menaruh produk makanan di sana.

Menurut Thompson, jika tetap ingin menaruh makanan di meja dapur, pertimbangkan menggunakan tempat penyimpanan yang unik agar meja dapur tidak hanya rapi, tapi juga menarik.

Baca juga: Berapa Tinggi Meja Dapur yang Ideal? Begini Cara Mengukurnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com