Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membuat Meja Dapur Terlihat Lebih Cantik dan Mewah

Kompas.com - 05/01/2022, 23:15 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.comDapur merupakan salah satu titik di dalam rumah yang bisa mempengaruhi nilai jual sebuah rumah secara keseluruhan.

Selain berfungsi sebagai tempat memasak, dapur memiliki ruang-ruang kosong yang berguna sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, minuman, atau kudapan ringan.

Baca juga: 8 Tips Memanfaatkan Dinding Kosong di Dapur untuk Ruang Penyimpanan

Bahkan, mengutip dari The Kitchn, Rabu (5/1/2022), para peneliti dari University of California Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, mengungkapkan, orang-orang lebih sering menghabiskan waktun di dapur ketika berada di rumah,

Meski demikian, keadaan dapur dapat mempengaruhi suasana hati orang-orang saat berada di sana.

Misalnya, dekorasi lucu di meja dapur dapat membuat suasana hati gembira, sebaliknya meja dapur yang berantakan bisa membuat suasana hati muram.

Untuk meningkatkan suasana hati dan nilai jual rumah tetap tinggi, berikut tips membuat meja dapur terlihat lebih cantik dan mewah.  

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Dinding Dapur untuk Suasana Baru yang Lebih Estetik

Rapikan printilan yang berserakan

Ilustrasi dapurUnsplash/Im3rd Media Ilustrasi dapur
CEO and Creative Director BA Staging & Interiors, Birgit Anich, menjelaskan, dapur adalah salah satu ruangan paling penting di rumah.

“Saat menata dapurmu untuk dijual, ingatlah bahwa dapur harus terlihat ramah dan hidup, namun tidak dipersonalisasi atau berantakan. Pastikan meja dapur bersih mengkilap,” ujar Anich.

Baca juga: 6 Renovasi Kecil yang Membuat Dapur Segar Kembali

Renovasi kecil-kecilan

Design Director R3 Home Staging, Shuang Su, menuturkan, peralatan dapur yang menyatu dengan perabotan dapat mengosongkan ruang meja dapur secara praktis.

Kamu dapat merencanakan seperti apa pengaturannya terlebih dulu jika ingin mmperbarui meja dapur.

“Untuk bahan meja dapur, kami merekomendasikan kuarsa karena modern, tahan lama, dan lebih mudah dirawat daripada granit. Perbedaan harga juga tidak terlalu besar,” terang Su.

Sementara, untuk warnanya, pastikan meja dapur memiliki warna yang sama dengan lemari kabinet seperti putih agar tampilan dapur lebih modern.

Baca juga: 5 Langkah Mengatur Dapur agar Tertata dan Bebas Kekacauan

Lakukan proyek DIY

Ilustrasi dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur
Pemilik Green Door Home Staging, Luise Morris, menyarankan melakukan proyek do-it-yourself (DIY) jika ingin menghemat pengeluaran.

“Ada beberapa metode pengecatan hebat yang mereplika meja marmer atau granit. Pilihan lainnya adalah umenempel contact paper berpola marmer,” kata Morris.

Dekorasi meja dapur

Founder Re:Creative, Renee Elliott, mengatakan berpikir out of the box dapat dilakukan ketika sedang mendekorasi dapur. 

“Pikirkan tentang menggunakan tempayan antik untuk menyimpan peralatan makan dapur atau sandarkan karya seni favorit ke backsplash (panel yang dipasang ke dinding pada belakang wastafel atau meja dapur),” jelas Elliott.

Baca juga: Cara Mudah Memoles Wastafel Dapur Stainless Steel Pakai Tepung

Elliott mengatakan bisa juga menggunakan nampan lucu untuk mengelompokkan peralatan masak utama seperti tempat penyimpanan garam, cobek dan ulekan, dan minyak zaitun.

Menurut Elliott, mesin espresso dan vas berisi bunga segar juga dapat digunakan sebagai alat dekorasi yang bagus untuk mempercantik meja dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Kitchn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com