Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2022, 08:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Nine News

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin cuci digunakan secara rutin dalam aktivitas sehari-hari untuk mencuci pakaian. Karena beban berat yang dijalani, kapan sebaiknya mengganti mesin cuci dengan yang baru?

Akan tetapi, bagaimana cara mengetahui mesin cuci harus diganti? Apakah harus menunggu hingga mesin cuci rusak?

Dikutip dari Nine Now, Jumat (14/10/2022), tanda-tanda tersebut tidak selalu jelas. Ini berarti banyak dari kita menggunakan mesin cuci yang rusak atau berperforma buruk selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Baca juga: Deterjen Bubuk Vs Cair, Mana yang Lebih Baik untuk Mesin Cuci?

Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi mesin cuci, ilustrasi mencuci bantal dengan mesin cuci.

Akhirnya, mesin cuci akan diganti hanya ketika sudah benar-benar rusak.

Akan tetapi, mengganti mesin cuci pada waktu yang tepat dapat menghemat uang, baik dalam perbaikan maupun tagihan listrik, ditambah semua kerumitan dan frustrasi yang timbul karena menggunakan mesin yang tidak efisien.

Berikut beberapa tanda mesin cuci harus diganti.

1. Ada kebocoran

Kebocoran adalah salah satu tanda yang lebih jelas dari mesin cuci yang rusak. Tergantung pada penyebabnya, ini bisa menjadi tanda yang pasti bahwa masa akhir pemakaian mesin cuci sudah dekat.

Baca juga: Kapan Harus Membersihkan Filter Mesin Cuci dan Bagaimana Caranya?

Kadang-kadang hanya perbaikan sederhana yang diperlukan, misalnya jika sambungan pipa selang kendor atau perlu disegel kembali, atau tabung mesin cuci sudah terlalu penuh.

Ketika penyebabnya bukan yang disebutkan di atas, biasanya ada celah yang terlibat di suatu tempat di selang pembuangan, dalam hal ini Anda mungkin lebih baik membeli mesin cuci baru, terutama mesin cuci Anda sudah tua.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com