Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memelihara Anjing dan Kucing Dapat Kurangi Stres Dalam 10 Menit

Kompas.com - 28/09/2022, 20:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki hewan peliharaan diyakini dapat memberi kesenangan dan mengusir kesepian serta stres, terlebih bila tinggal di rumah sendirian. 

Hal ini juga dibukti sejumlah penelitian, salah satunya sebuah penelitian baru-baru ini yang diterbitkan dalam jurnal AERA Open. 

Baca juga: 5 Ras Kucing yang Cocok Dipelihara Bersama Anjing

Dilansir dari Mental Floss, Rabu (28/9/2022), peneliti Patricia Pendry dan Jaymie Vandagriff dari Washington State University, Amerika Serikat, menemukan siswa yang memelihara hewan dalam salah satu program kunjungan hewan memiliki kadar kortisol atau hormon stres lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Dalam percobaan tersebut, para peneliti membagi 249 mahasiswa menjadi empat kelompok. Kelompok pertama bermain dengan tempat penampungan kucing dan anjing selama 10 menit.

Kelompok kedua berdiri dalam antrean menyaksikan kelompok pertama bergaul dengan hewan, tetapi tidak pernah melakukannya sendiri.

Baca juga: Plus Minus Memelihara Anjing Samoyed, Sudah Tahu?

Ilustrasi anjing Maltese.Unsplash/tdespins Ilustrasi anjing Maltese.
Masing-masing siswa mengirimkan tiga sampel air liur — satu ketika mereka bangun, satu 15 menit setelah percobaan 10 menit, dan ketiga 25 menit setelah percobaan.

Kelompok ketiga diperlihatkan gambar binatang dan kelompok keempat diberitahu bahwa mereka berada di daftar tunggu untuk melihat binatang, tetapi tidak pernah benar-benar melihatnya.

Walhasil, para peneliti menemukan bahwa kelompok siswa yang memelihara hewan memiliki kadar kortisol jauh lebih rendah daripada kelompok lain setelah mengontrol variabel lain seperti tingkat kortisol siswa pada pagi hari itu, berapa lama mereka bangun, atau perbedaan dalam ritme sirkadian.  

Baca juga: 5 Manfaat Mengadopsi Anjing dari Tempat Penampungan

Karena ini hanya satu studi dengan ukuran sampel mahasiswa yang relatif kecil dari satu universitas, tidak cukup menyarankan bahwa setiap mahasiswa yang dilanda kecemasan dapat dibantu dengan membelai anak anjing.

Namun, penelitian ini setidaknya telah melengkapi manfaat lain dari memelihara anjing atau kucing dan merupakan hal baik untuk dicoba kapan pun Anda merasa sedikit stres

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com