Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2022, 14:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKutu busuk atau kutu kasur adalah serangga yang membutuhkan darah untuk hidup dan berkembang biak.

Untuk jenis kutu busuk Cimex lectularius , mereka lebih menyukai darah manusia meski juga akan menggigit hewan berdarah hangat, termasuk anjing, kucing, burung, dan tikus.

Baca juga: Asal Usul Kutu Busuk dan Area Persembunyiaannya di Rumah

Kutu busuk bisa muncul di dalam rumah entah dari mana pun karena mudah berpindah melalui barang bawaan atau pakaian manusia yang baru tiba dari tempat terserang kutu busuk.

Selain itu, kutu busuk bisa hidup di hampir semua celah atau lokasi yang dilindungi. Tempat paling umum menemukannya adalah tempat tidur atau area yang digunakan untuk istirahat atau tidur.

Ilustrasi kutu busuk, ilustrasi kutu kasur.SHUTTERSTOCK / simon berenyi Ilustrasi kutu busuk, ilustrasi kutu kasur.

Akan tetapi, jika hunian terkena serangan kutu busuk cukup parah, mereka bisa menyebar ke area lain dan sulit dikontrol, misalnya ke sofa atau stopkontak dinding.

Dikutip dari Canada.ca, Minggu (25/9/2022), ada beberapa cara mencegah serangan kutu busuk di rumah sebagai berikut.

Baca juga: Bahaya Kutu Busuk Bagi Manusia dan Hewan Peliharaan

Kurangi tempat kutu busuk bersarang

Seperti disebutkan sebelumnya, kutu busuk lebih umum berada di tempat tidur ketika berhasil memasuki rumah. 

Kutu busuk senang bersembunyi dari cahaya seperti di seprai, selimut, jahitan, lipatan, dan celah kasur. Bahkan, bisa bersembunyi di celah-celah tempat tidur, terutama yang terbuat dari kayu.

Setiap lubang sekrup, bagian belakang headboard, bahkan area di bawah tempat tidur pun bisa menjadi tempat persembunyian kutu busuk jika berdebu dan banyak barang. 

Jadi, rapikan barang-barang yang berantakan di kamar tidur. Jangan lupa selalu membersihkan kamar tidur, terutama area tempat tidur seperti bagian atas kasur serta area di belakang dan di bawah tempat tidur.

Baca juga: Lakukan 4 Hal Ini agar Kutu Kasur Tak Bersarang di Tempat Tidur

Perbaiki kelonggaran dan tutup celah

Ilustrasi kutu busuk.SHUTTERSTOCK / Jay Ondreicka Ilustrasi kutu busuk.

Lalu, perbaiki atau lepas wallpaper yang sudah longgar. Kencangkan saklar lampu atau stopkontak yang mulai longgar karena kutu busuk bisa bersembunyi di sana.

Langkah selanjutnya adalah menutup setiap celah dan lubang pada rangka tempat tidur kayu, di sepanjang papan lis, dinding, plafon, pintu, jendela, dan furnitur..

Baca juga: Pulang Berlibur? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutu Busuk di Rumah 

Periksa barang yang dibawa pulang

Setiap tiba dari suatu tempat, terutama jika membeli sesuatu, periksa terlebih dulu. Misalnya, buku bekas, furnitur baru, perabot bekas, atau barang-barang antik. 

Untuk perabot bekas dan barang-barang yang diperbarui, kamu perlu sangat waspada dan lakukan pemeriksaan secara hati-hati.

Pemeriksaan sebaiknya dilakukan sebelum membeli dan membawa pulang barang agar kutu busuk tidak terlanjur terbawa ke rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com