Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Nyaman dan Tenang

Kompas.com - 25/09/2022, 12:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kamar tidur adalah ruang privasi di rumah yang digunakan untuk tidur, beristirahat, dan menghabiskan waktu sendiri alias me time setelah seharian beraktivitas. 

Karena itu, kamar tidur harus didesain senyaman dan setenang mungkin serta mengekspresikan selera pribadi, baik dari desain maupun warna. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Kamar Tidur agar Tampak Nyaman dan Mewah

Untungnya, mendekorasi kamar tidur yang nyaman dan tenang tidaklah sulit serta memerlukan biaya mahal.

Dirangkum dari My Decorative, Minggu (25/9/2022), berikut cara mendekorasi kamar tidur yang nyaman dan tenang

Pilih warna halus 

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.Unsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi kamar tidur tamu.
Warna bisa membuat kamar tidur tampak menarik. Namun, pilih warna yang halus dan menyejukkan mata. Pilih warna pastel yang Anda suka atau kombinasi monokrom.

Saat memilih skema warna untuk kamar tidur, Anda perlu mengingat teori warna. Misalnya, jika ingin semuanya terlihat lebih cerah dan terbuka, Anda harus menggunakan tema serba putih.

Namun, bila menginginkan suasana yang tenang dan damai, pilihlah warna pastel lavender, hijau, juga biru. Jika ingin kamar tidur terlihat nyaman dan tenang, pilih warna permata.

Nuansa permata sebagian besar gelap dan kusam karenanya lebih sulit dirawat, tetapi tidak terlihat buruk sama sekali. 

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Pilih furnitur trendi

Gaya dan keanggunan berjalan beriringan. Karena itu, perlu membeli furnitur untuk kamar tidur. Pilih barang-barang yang bergaya serta multifungsi.

Misalnya, menggunakan sofa cum bed (yang dapat digunakan sebagai sofa dan tempat tidur tambahan kapan pun diperlukan) serta ottoman (yang dapat digunakan untuk tempat duduk dan  penyimpanan). 

Akan tetapi, jika mendekorasi kamar tidur dengan anggaran terbatas, beli furnitur secara online atau di toko barang bekas lokal di kota.  

Baca juga: 3 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Tambahkan karpet 

Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.Shutterstock/Interior Design Ilustrasi kamar tidur, Ilustrasi karpet di kamar tidur.
Bagian lain yang penting saat mendekorasi kamar tidur adalah menggunakan karpet. Karpet adalah salah satu item yang bisa langsung menambahkan sentuhan hangat, nyaman, dan mewah pada ruangan. 

Saat ini, ada berbagai macam karpet yang tersedia di luar sana sehingga mudah menemukan satu yang sesuai dengan skema warna kamar tidur.

Jika tema kamar tidur gelap, pilih karpet yang lebih terang di tempat teduh. Apabila tema kamar tidur terang atau serba putih, pilih karpet berwarna gelap dengan cetakan tebal. 

Baca juga: Pilihan Warna Kamar Tidur yang Harus Digunakan dan Dihindari 

Tambahkan beberapa tanaman hijau

Hijau umumnya dianggap sebagai warna perdamaian serta menyejukkan mata. Karena itu, menambahkan warna hijau ke kamar tidur adalah salah satu cara luar biasa untuk membuat ruang tampak menyenangkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com