Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulang Berlibur? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Kutu Busuk di Rumah

Kompas.com - 14/01/2022, 18:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu busuk bisa berpindah tempat dengan mudah. Hama kecil ini tidak hanya bersembunyi dan berkembang biak di dalam tempat tidur, dan sofa, tapi juga pakaian dalam koper.

Itulah penting mengecek dan membersihkan koper ketika bepergian demi mencegah kutu busuk terbawa ke rumah

Baca juga: 6 Cara Aman Basmi Kutu Busuk di Kasur

Dilansir dari Apartment Therapy, Jumat (14/1/2022), Timothy Wong, Direktur Teknis di M & M Pest Control—sebuah perusahaan pengendalian hama ramah lingkungan di New York City, Amerika Serikat, membagikan sejumlah hal yang harus dilakukan untuk mencegah kutu busuk muncul di rumah sehabis berlibur atau bepergian. 

Periksa koper

Sebelum membawa barang bawaan ke dalam rumah setelah perjalanan, Wong mengatakan untuk memeriksa kutu busuk.

“Pastikan memeriksa koper Anda untuk bintik-bintik gelap atau kutu busuk sebelum membawanya ke rumah,” katanya. 

Baca juga: Awas, 5 Barang Ini Bisa Membawa Kutu Busuk Masuk ke Rumah 

Segera mencuci semua pakaian yang ada di koper

Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaos adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.SHUTTERSTOCK/ROZHNOVSKAYA TANYA Usahakan suhu maksimum air yang digunakan ketika mencuci kaos adalah 40 derajat Celcius, serta mencuci, membilas, dan memutarnya dengan kecepatan normal.
Wong menjelaskan, untuk memindahkan semua pakaian dari koper atau tas, termasuk tas yang digunakan, ke dalam mesin cuci dan menjalankan siklus dan suhu tinggi. Hal ini akan membatasi kemungkinan kutu busuk atau telurnya jatuh. 

Bersihkan koper

Setelah itu, Wong menyarankan menyemprotkan koper, baik bagian dalam maupun luar koper, dengan alkohol isopropil 91 persen.

Bila tidak memiliki alkhol gosok, sebagai gantinya dapat menggunakan steamer tangan untuk memanaskan koper serta membunuh kutu busuk dan telurnya. 

Baca juga: Hindari, Ini Warna Seprai yang Disukai Kutu Busuk 

Vakum koper 

Menggulung pakaian dengan rapi adalah salah satu cara packing barang bawaan agar tak memerlukan bagasi tambahan.PEXELS/VLADA KARPOVICH Menggulung pakaian dengan rapi adalah salah satu cara packing barang bawaan agar tak memerlukan bagasi tambahan.
Setelah mencuci pakaian dan membersihkan koper, langkah selanjutnya adalah menyedot debu.

“Vakum koper secara menyeluruh untuk menghilangkan kutu busuk yang mungkin telah dibunuh dengan alkohol gosok (atau steamer tangan) sebelum menyimpannya,” ujarnya. 

Baca juga: Tempat Persembunyian Kutu Busuk di Rumah, Koper hingga Laci

Bungkus pakaian dan koper dalam plastik 

Wong menjelaskan, untuk membatasi risiko kutu busuk yang ikut serta dalam perjalanan Anda, simpan pakaian di dalam kantong plastik tertutup saat bepergian.

Anda juga dapat menyimpan koper atau tas di dalam kantong plastik besar. Hal ini sangat membatasi peluang kutu busuk untuk ikut terbawa ke dalam rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com