Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2021, 23:19 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.comKutu busuk di kasur menjadi salah satu hama yang sangat harus kita waspadai. Pasalnya, kutu ini akan membuat siapapun yang tidur di atas kasur menjadi gatal-gatal dan tidak nyaman.

Marie Kondo, pakar pengorganisasian rumah sekaligus pencipta metode KonMari mengatakan, kutu busuk sangat menyukai tempat yang berantakan dengan barang-barang yang berserakan. Untuk itu, kamu harus merapikan rumah, agar kutu tidak betah dan bersarang di tempat tidurmu.

Jika di kasurmu sudah terlanjur bersarang si kutu busuk, kamu bisa coba membasminya dengan enam cara aman yang dengan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di rumah berikut ini:

Baca juga: Awas, 5 Barang Ini Bisa Membawa Kutu Busuk Masuk ke Rumah

1. Tanah diatom

Dilansir dari Reader’s Digest, Senin (18/10/2021), Diatomaceous Earth (DE) adalah debu tidak beracun yang dapat membunuh kutu busuk. Debu ini akan menempel di luar tubuh mereka, menyerap minyak alami dan kelembaban dan secara fatal mengeringkan serangga.

Ini bukan pembunuh instan. DE membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk mengeringkan serangga. Tanah diatom bekerja paling baik di area di mana debu insektisida tidak bisa, seperti karpet, retakan, celah, dan rangka tempat tidur.

Namun, jangan menyebarkan tanah diatom ke sekitar rumah, karena ini justru tak berfungsi. Sebarkan tanah diatom pada daerah dimana kutu busuk hidup. Pastikan juga tanah diatom yang kamu sebar aman dan food grade. Sehingga tidak berbahaya bagi keluarga dan hewan peliharaan.

2. Gunakan pengering berpemanas

Untuk tempat tidur, tas, pakaian, dan barang lain yang mungkin mengandung kutu atau telur kutu, kamu dapat memasukkannya ke pengering pakaian. Gunakan pengaturan terpanas selama 30 menit.

Baca juga: Hindari, Ini Warna Seprai yang Disukai Kutu Busuk

3. Gunakan uap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com