Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 5 Hal Ini Agar Udara Dalam Ruangan Tetap Segar

Kompas.com - 18/10/2021, 20:51 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Kamu tentu mengidamkan udara yang segar dan tidak apek saat memasuki rumahmu. Pasalnya, polusi udara tetap saja bisa ada meski kamu hanya di rumah saja.

Asap saat memasak, aroma sampah dalam ruangan, hingga aroma asap rokok, mungkin saja tertinggal di dalam rumah, yang membuatnya beraroma tidak segar dan apek.

Padahal, udara yang segar dan juga sehat saat diperlukan oleh anggota keluarnya, karena, menghirup udara yang tidak bersih secara teratur dapat menimbulkan sejumlah masalah pernapasan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah dengan melakukan beberapa langkah sederhana namun, harus dilakukan secara teratur. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar udara dalam rumah tetap segar dan sehat seperti dilansir dari The Garden Granny, Senin (18/10/2021).

Baca juga: 7 Trik Mendesain Kamar Tidur Anak yang Tak Lekang oleh Waktu

1. Membersihkan saluran udara secara teratur

Saluran udara menjadi tempat keluar-masuknya udara. Karena itu, area ini mungkin menumpuk banyak polutan. Polutan ini dapat berupa kotoran, debu, dan puing-puing. Jika dibiarkan lama, jamur juga dapat berkembang di dalamnya.

Penumpukan ini akan sangat mempengaruhi kebersihan saluran yang kemudian akan berdampak pada kualitas udara di rumah.

Jadi, penting untuk menyingkirkan penumpukan kotoran dan polutan di dalam saluran udara. Kamu bisa membersihkannya sendiri, namun membutuhkan waktu dan tenaga.

Untuk kamu yang tak memiliki waktu, kamu bisa memanggil tenaga profesional untuk melakukan ini.

2. Menjaga kebersihan rumah

Menjaga kebersihan rumah juga akan membantu meningkatkan kualitas udara. Ada banyak hal di dalam rumah yang menurunkan kualitas udara.

Debu, kotoran, jamur, dan bulu hewan peliharaan adalah beberapa di antaranya. Kamu dapat menyedot debu, debu, dan mengepel rumah secara teratur untuk menjauhkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com