Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2022, 10:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang anjing dan kucing, kadang kala mereka menjadi hewan peliharaan yang senang disayang dan dielus, meski juga senang menjahili pemiliknya.

Ketika ingin dielus, dua hewan ini akan menunjukkan rasa senangnya melalui bahasa tubuhnya. Untuk kucing, misalnya, kepalanya akan menyundul tangan pemiliknya ketika dielus pada bagian kepala.

Baca juga: Kenali, 5 Tanda Kelinci Peliharaan Merasa Bahagia

Sementara anjing, tubuhnya akan rileks dan ekornya dikibas dari kanan ke kiri. Namun, tidak semua orang bisa memelihara kucing atau anjing karena beberapa hal.

Walhasil, hewan peliharaan lain pun menjadi alternatif, salah satunya kelinci. Namun, apakah kelinci suka dielus pemiliknya layaknya kucing dan anjing?

Kelinci senang dielus pemiliknya

Ilustrasi kelinci.SHUTTERSTOCK / SOK Studio Ilustrasi kelinci.

Dikutip dari Rabbit Care Tips, Rabu (14/9/2022), kelinci senang dielus pemiliknya. Ada beberapa bagian tubuh yang kelinci senang dielus, yakni dahi, bagian belakang leher, dan pipi.

Kebanyakan kelinci juga senang jika punggung dan sepanjang tulang belakangnya dielus. Hanya saja, kamu harus menghindari area pantat dan ekor. Sebab, dua titik ini berada di titik buta kelinci.

Baca juga: Apakah Kelinci Peliharaan Bisa Merasa Kesepian?

Artinya, kamu bisa mengejutkannya saat mengelusnya. Memerhatikan bagaimana kelinci bereaksi selama dielus akan membantumu mengetahui area yang dia sukai.

Sebagian besar kelinci tidak akan suka dielus di bawah daug, di kaki, di bawah perut, dan di bawah leher. Mereka adalah area rentan, dan kelinci akan melindunginya dengan gigitan.

Kepercayaan dan evolusi sebagai hewan mangsa

Kelinci hanya akan mencarimu untuk dielus ketika sudah memercayaimu. Dengan kata lain, izinkan kelinci untuk “negosiasi” bagian mana yang ia perbolehkan untuk dielus, terutama jika kamu belum lama memeliharanya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com