Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2022, 18:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang ingin memelihara kucing atau anjing—hewan paling umum dipelihara.

Entah karena rumah tidak memiliki cukup ruang atau keterbatasan biaya. Sebagai alternatif, memilih hewan-hewan berukuran kecil, salah satunya guinea pig.

Baca juga: Guinea Pig Jarang Minum Air, Ada Apa?

Guinea pig adalah hewan yang tampilannya mirip seperti hamster dan marmot. Bagi beberapa orang yang belum familiar mengira bahwa makanan guinea pig sama dengan dua jenis hewan tersebut.

Benarkah demikian? 

Jenis makanan guinea pig

Ilustrasi guinea pig sedang makan. PIXABAY/VIOLETTA Ilustrasi guinea pig sedang makan.

Dilansir dari The Spruce Pets, Jumat (9/9/2022), pada dasarnya, guinea pig adalah hewan herbivora. Artinya, hanya memakan sayuran dan buah-buahan. Jadi, jangan berikan produk susu, daging, telur, bahkan serangga ke guinea pig.

Untuk sayuran dan buah-buahan, beberapa yang bisa diberikan mencakup pisang, bluberi, blewah, paprika hijau, peterseli, tomat, dan semangka.

Baca juga: Simak, Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Diberikan ke Guinea Pig

Namun, tidak semua sayuran dan buah-buahan aman untuk guinea pig. Hindari memberinya alpukat, kelapa, bawang putih, anggur, bawang bombai, dan kismis.

Jerami dan sayuran berdaun yang masih segar harus menjadi bagian terbesar dari makanan guinea pig. Ada dua hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih makanan untuk guinea pig seperti berikut. 

  • Vitamin C

Guinea pig tidak bisa memformulasikan vitamin C sendiri sehingga membuat sahabat bulu rentan penyakit kudis. Pelet mereka harus mengandung vitamin ini.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Memandikan Guinea Pig Peliharaan

  • Gigi yang selalu tumbuh

Ilustrasi guinea pig. PIXABAY/ILONA DE LANGE Ilustrasi guinea pig.

Guinea pig adalah hewan yang giginya selalu tumbuh. Jadi, penting memberinya sesuatu yang berserat untuk dikunyah. Inilah mengapa jerami merupakan jenis makanan yang sangat penting bagi guinea pig.

Apabila jenis makanan yang diberikan pada guinea pig berbeda daripada yang direkomendasikan, misalnya makanan dari toko hewan peliharaan, lakukan pengalihan makanan secara perlahan alih-alih terlalu cepat.

Setelah itu, guinea pig terkadang memakan kotorannya sendiri. Untuk hal ini, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, mereka menghasilkan dua jenis kotoran yang berbeda. 

Baca juga: 5 Penyebab dan Cara Mengatasi Hamster Menggigit saat Disentuh

Guinea pig memakan kotorannya sendiri

Salah satu jenis kotoran guinea pig adalah bertekstur lembut dan bernutrisi. Mereka menelannya kembali untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi.

Sementara jenis lainnya bertekstur keras dan dihasilkan setelah makanan dicerna dua kali. Inilah kotoran yang harus dibersihkan pemiliknya.

Baca juga: Bahaya Asap Rokok pada Hewan Peliharaan, Bisa Bikin Kanker

Makanan dari toko hewan peliharaan

Tak dapat dipungkiri, tidak semua orang dapat memperoleh makanan segar untuk guinea pig. Makanan dari toko hewan peliharaan pun menjadi alternatifnya.

Kamu tetap bisa menggunakannya. Hanya saja, pilih pelet yang secara khusus diproduksi untuk guinea pig. Untuk jerami, pilih campuran timoti, orchard, dan gandum.

Beberapa jerami alfalfa juga bisa digunakan, tetapi ini mengandung terlalu banyak kalsium untuk dijadikan sebagai makanan utama bagi guinea pig.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com