Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Lily of The Valley, Bunga Favorit Ratu Elizabeth II

Kompas.com - 09/09/2022, 13:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka menyelimuti warga Inggris saat ini. Pasanya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia, Kamis (8/9/2022), di Kastil Balmoral, Skotlandia, dalam usia 96 tahun.

Semasa hidupnya, Ratu menyukai berbagai hal, salah satunya bunga Lily of the Valley. Bunga ini melambangkan kesucian, kemurnian, serta kebahagiaan.  

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Lily Calla agar Mekar Sepanjang Tahun

Tak heran, bunga Lily of the Valley ada dalam karangan bunga penobatannya sebagai Ratu Inggris serta tumbuh di halaman istana Buckingham.

Lantas, bagaimana merawat bunga kesukaan Ratu Elizabeth II ini agar selalu sehat?

Dilansir dari Express, Jumat (9/9/2022), Tom Hilton, Direktur Spesialis Hidroponik dari National Greenhouse, menjelaskan Lily of the Valley tidak menyukai kondisi dingin dan basah pada bulan-bulan pertama pertumbuhan serta akan berjuang hidup jika ditanam langsung di tanah. 

Untuk itu, Hilton menyarankan menanam bunga Lily of the Valley di pot terlebih dahulu dan menanamnya dalam ruangan pada Maret. Setelah itu, pada akhir Mei, pindahkan bunga ini keluar ruangan atau di taman. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing Corgi, Si Kecil Kesayangan Ratu Elizabeth II

Menanam dan merawat Lily of the Valley

Ilustrasi bunga lily lembah atau lily of the valley Unsplash/Océane George Ilustrasi bunga lily lembah atau lily of the valley
Tom menambahkan, meski membutuhkan langkah ekstra untuk rutinitas penanaman, hal ini akan memberikan awal yang baik pada bunga Lily of The Valley karena akan meningkatkan peluangnya mekar pada tahun yang sama. 

Jika akar tanaman terlihat kering ketika pertama kali menanamnya, cobalah merendamnya dalam air selama setengah jam. Pisahkan dengan hati-hati, masing-masing harus memiliki akar dan tunas.

Pakar merekomendasikan menanam bunga Lily of the Valley satu per satu ke dalam pot berukuran tujuh hingga delapan sentimeter. 

Baca juga: Makna Lily of the Valley, Bunga Favorit Ratu Elizabeth II

Setelah itu, biarkan pucuk menonjol tepat di atas permukaan kompos, sirami tanaman, lalu letakkan di rumah kaca yang sejuk.

Selannutnya, menyiram tanaman bunga secara teratur dan begitu akarnya memenuhi pot, tanamlah di luar ruangan.

Lily of the Valley adalah tanaman bunga yang relatif tidak sulit merawatnya. Tanaman ini lebih menyukai tanah lembap sepanjang musim tanam.

Namun, bunga Lily of the Valley dapat tumbuh di semua jenis tanah, dari berpasir hingga tanah liat. 

Baca juga: Arti Bunga Peony Menurut Feng Shui dan Cara Menggunakannya di Rumah

Pakar menambahkan, Lily of the Valley lebih menyukai sinar matahari naungan atau semi-teduh sepanjang hari sehingga tempat sempurna menanamnya adalah di bawah kanopi pohon atau semak besar yang dapat memberikan naungan. 

Keunggulan lain bunga Lily of the Valley adalah tidak perlu dipangkas dan umumnya bebas hama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com