Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Bunga Teratai Menurut Feng Shui dan Cara Menggunakannya di Rumah

Kompas.com - 01/09/2022, 07:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hidup menjadi lebih sibuk dan lebih berfokus pada teknologi, banyak dari kita mencari cara terhubung dengan alam di rumah.

Bekerja dengan prinsip feng shui adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Feng shui berusaha menciptakan lebih banyak harmoni dengan alam dan bekerja dengan siklus alam. 

Baca juga: Gunakan Gambar Burung Hantu di Rumah, Baik atau Buruk Kata Feng Shui?

Ada banyak cara membawa alam ke dalam rumah, salah satunya bekerja dengan simbol-simbol yang bermakna dari alam seperti tanaman atau hewan. 

Misalnya, bunga teratai. Dilansir dari The Spruce, Kamis (1/9/2022), dalam feng shui, teratai adalah simbol populer yang membangkitkan kedamaian, harmoni, dan kasih sayang.

Simbolisme dan arti bunga teratai dalam feng shui

Ilustrasi bunga teratai. PIXABAY/JENNYZHH2008 Ilustrasi bunga teratai.
Teratai adalah tanaman indah yang tumbuh di danau dan kolam serta merupakan simbol ikonik di banyak budaya. Bunga besar ini memiliki kelopak berwarna putih, merah muda, atau merah.

Di Cina, semua bagian tanaman teratai digunakan untuk tujuan berbeda. Bunganya digunakan sebagai penghias, sedangkan bagian tanaman lainnya memiliki manfaat nutrisi dan obat.

Tidak seperti banyak bunga dan tanaman, sulit membawa tanaman teratai hidup ke rumah. Untungnya, Anda bisa menggunakan simbolisme teratai.

Anda dapat membawa gambar bunga teratai ke ruangan dengan niat. Berikut beberapa arti bunga teratai berdasarkan feng shui. 

Baca juga: Ini Posisi Terbaik Meletakkan Tanaman ZZ di Rumah Menurut Feng Shui  

Kemurnian dan kesempurnaan

Salah satu tradisi kebijaksanaan yang diambil feng shui adalah agama Buddha. Dalam tradisi Buddhis, bunga teratai adalah simbol pencerahan karena dapat tumbuh dan berkembang sempurna, bahkan di lumpur paling lembap sekalipun.

Ini adalah salah satu dari delapan harta Buddhis yang menguntungkan dan banyak Buddha dan Bodhisattva digambarkan duduk di atas teratai.

Pernikahan dan kesuburan

Ilustrasi bunga teratai.PIXABAY/ykaiavu Ilustrasi bunga teratai.
Nama Cina untuk teratai terdengar seperti kombinasi dari kata-kata yang berarti koneksi dan perdamaian sehingga mewakili persatuan yang damai.

Dalam seni dan barang-barang dekoratif, kuncup teratai sering menjadi simbol kesuburan serta keturunan. Polong biji teratai juga melambangkan kesuburan. 

Baca juga: 5 Simbol Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui, Apa Saja?

Kelimpahan

Bunga teratai juga dikaitkan dengan kelimpahan dan kesuburan musim panas. Tanaman ini memiliki banyak hadiah untuk ditawarkan kepada kita.

Sepanjang musim panas, baik mekar maupun menghasilkan biji saat yang sama, semua bagian tanaman teratai digunakan untuk makanan, dekorasi, atau tujuan kuratif. 

Baca juga: 4 Posisi Terbaik Meletakkan Furnitur di Rumah Menurut Feng Shui

Kasih sayang dan damai

Quan Yin, bodhisattva welas asih, sering digambarkan memegang atau duduk di atas bunga teratai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com