Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 20:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan furnitur berdasarkan aturan feng shui sangat penting untuk ruangan apa pun, terutama di rumah dengan ruang terbatas.

Feng shui sering disebut sebagai bentuk seni, tetapi menguasai seni penempatan furnitur menurut feng shui akan memastikan rumah menjadi tempat yang lebih bahagia untuk Anda dan keluarga, tidak peduli ukuran atau tata letaknya. 

Baca juga: Cara Menggunakan Tanaman Bambu Rejeki untuk Feng Shui Baik

Namun, apabila meletakkan furnitur di posisi buruk menurut feng shui yang buruk, Anda tidak perlu khawatir. Selalu ada cara untuk menyesuaikan tata letak furnitur saat ini dan bekerja dengan apa yang sudah Anda miliki.

Dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (19/8/2022), para ahli membagikan cara mengatur furnitur di rumah menggunakan prinsip-prinsip feng shui seperti berikut ini. 

Penempatan tempat tidur 

Ilustrasi kamar tidur dengan plafon warna putih.PEXELS/JASON BOYD Ilustrasi kamar tidur dengan plafon warna putih.
Perabotan paling penting di kamar tidur adalah tempat tidur karena mewakili kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. 

Kamar tidur adalah ruangan paling intim di rumah, jadi penempatan tempat tidur harus menjadi hal utama yang dipertimbangkan saat mendesain kamar tidur. Begitu pula, pentingnya memiliki sandaran kepala tempat dalam feng shui. 

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Tidur yang Direkomendasikan Desainer Interior

Ide tata letak kamar tidur adalah bagian penting dari setiap desain kamar tidur feng shui. Saat merencanakan kamar tidur yang menganut prinsip feng shui, keputusan terpenting yang harus diambil adalah di mana memposisikan tempat tidur karena akan berdampak besar pada bagaimana fungsi ruang terlihat dan terasa.

Dalam tata letak kamar tidur berdasarkan feng shui, lokasi terbaik meletakkan tempat tidur adalah di posisi "memerintah".

Artinya, saat berada di tempat tidur, Anda menghadap pintu meski tidak langsung sejajar dengan pintu. Berbaring dalam posisi "memerintah" ini dapat membantu Anda merasa tenang dan nyaman. 

Namun, jika memiliki ruang berbentuk canggung atau kamar tidur kecil, Anda mungkin tidak dapat memindahkan tempat tidur.

Sebagai gantinya, pertimbangkan penggunaan cermin kamar tidur untuk memposisikan ulang secara visual tempat tidur dan membantu Anda dapat melihat pantulan pintu dari tempat tidur. Hal ini juga diyakini dapat membantu menghilangkan energi negatif yang masuk sehingga dapat tidur lebih nyenyak. 

Baca juga: 6 Kesalahan Feng Shui yang Harus Dihindari di Dapur

Penempatan sofa

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa biru. Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa biru.
Feng shui ruang tamu yang optimal dapat membawa manfaat ke rumah. Gunakan prinsip-prinsipnya untuk mendesain ruang di sekitar sofa dan peningkatan kualitas hidup.

Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga yang dalam feng shui mewakili keharmonisan dalam rumah.

Sofa ruang tamu biasanya merupakan barang terbesar dalam sebuah ruangan dan sering kali merupakan bagian paling dominan sehingga tidak heran jika sofa menentukan feng shui ruangan.

Untuk penempatan sofa terbaik, tempatkan dalam pengaturan yang memungkinkan setiap anggota keluarga merasa paling nyaman. 

Baca juga: Menurut Feng Shui, Ini 3 Posisi Tangga Rumah yang Perlu Dihindari

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com