Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2022, 19:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias saat ini menjadi salah satu elemen dekorasi yang banyak digunaka orang.

Tak hanya mempercantik ruangan, beberapa tanaman hias dapat membersihkan udara dan energi buruk. Filosofi feng shui Tiongkok kuno menggunakan tanaman untuk menyeimbangkan aliran energi di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Membawa Energi Buruk di Dalam Rumah Menurut Feng Shui

"Paparan yang lebih tinggi terhadap kehijauan secara konsisten dikaitkan dengan tingkat depresi, kecemasan, dan stres yang lebih rendah," menurut tim peneliti Harvard School of Public Health, Amerika Serikat. 

Studi ini menemukan bahwa peserta dengan tanaman paling banyak di dalam dan sekitar ruang hidup mereka memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah daripada mereka yang mempunyai lebih sedikit tanaman.

Dilansir dari Hunker, Jumat (12/8/2022), berikut lima tanaman hias yang dapat membersihkan energi negatif di dalam ruangan menurut feng shui. 

Baca juga: Tanaman Penghilang Bau di Dalam dan Luar Ruangan, Apa Saja? 

Anggrek 

Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)SHUTTERSTOCK/Chuchawan Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)
Anggrek adalah salah satu dari empat tanaman mulia dalam budaya Tiongkok dan terkenal dalam feng shui untuk membawa keharmonisan ke rumah dengan mengisi ruang dengan energi yang tenang dan jernih.

Anggrek memiliki bunga yang bermekaran dengan jangka panjang jika merawatnya tepat. Pilih anggrek ngengat (Phalaenopsis spp) sebagai anggrek perawatan mudah. Anggrek ini berbunga selama berbulan-bulan dan tumbuh subur tanpa perawatan.

Jika menanamnya di pot, keringkan tanah dengan baik, memberikan cahaya terang dan tidak langsung, dan hindari penyiraman terlalu banyak. Keindahan tanaman yang tenang pasti akan mengusir getaran negatif. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor yang Menyerap Karbon Dioksida di Malam Hari 

Tanaman pinang

Aliran anggun dari pohon pinang (Chrysalidocarpus lutescens) adalah botani yang setara dengan angin sepoi-sepoi yang hangat, melembutkan energi di ruang hidup mana pun.

Selain mampu memurnikan udara, NASA menyebut tanaman pinang sebagai salah satu yang terbaik dalam menghilangkan racun berbahaya dari udara untuk lingkungan hidup yang bersih.

Untuk menjaga energi yang baik tetap berjalan, tanam pohon pinang di tanah dengan drainase  sangat baik dan letakkan di ruangan cukup terang yang mendapat sinar matahari tidak langsung. Siram tanaman pinang hanya saat bagian atas tanah kering. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis 

Lili perdamaian

Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily. Salah satu tanaman berbahaya bagi kucing.SHUTTERSTOCK/TATYANA ABRAMOVICH Ilustrasi tanaman hias bunga peace lily. Salah satu tanaman berbahaya bagi kucing.
Peace lily atau lili perdamaian (Spathiphyllum spp) adalah tanaman sempurna untuk membersihkan udara di area yang kurang cahaya.

Dengan daun hijaunya yang besar dan cerah serta bunga putih yang bersinar, lili perdamaian dapat menenangkan jiwa.

Dalam feng shui, lili perdamaian dipercaya dapat menghilangkan rasa takut dan negatif. Kemampuan lili perdamian membersihkan udara telah terbukti secara ilmiah sejak NASA menetapkannya sebagai tanaman yang menyerap racun lingkungan seperti spora jamur, uap kimia, serta dapat meningkatkan kualitas udara hingga 60 persen.

Menurut feng shui, hanya tanaman sehat yang membawa energi baik ke rumah, jadi buatlah bunga lili perdamaian dalam keadaan sehat. Bungan ini membutuhkan penyiraman mingguan dan tanah yang dikeringkan dengan baik. 

Baca juga: Penyebab Daun Tanaman Berubah Coklat dan Cara Mengatasinya 

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com