Kompas.com - 10/08/2022, 21:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar tanaman menyerap karbon dioksida pada siang hari. Akan tetapi, beberapa tanaman, termasuk tanaman hias indoor, menyerap karbon dioksida di malam hari.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Rabu (10/8/2022), umumnya tanaman mengonsumsi karbon dioksida dan melepaskan oksigen di siang hari. Proses ini dikenal sebagai fotosintesis.

Selain itu, tanaman menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari. Proses ini dikenal sebagai respirasi.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Ilustrasi lidah mertua.Shutterstock/Shadow Inspiration Ilustrasi lidah mertua.

Beberapa tanaman menyerap karbon dioksida pada malam hari dan menyimpannya dalam bentuk asam empat karbon yang dikenal sebagai 'Malat' yang dilepaskan pada siang hari. Proses ini membantu tanaman menghemat air dengan membuka stomata di malam hari.

Berikut beberapa tanaman hias indoor yang menyerap karbon dioksida di malam hari.

1. Lidah mertua (Sansevieria trifasciata)

Dalam sebuah penelitian di Universitas Naresuan, Phitsanulok, Thailand, tanaman lidah mertua dapat menyerap karbon dioksida sebesar 0,49 ppm per meter kubik dalam sistem tertutup.

2. Kaktus (Cactaceae)

Tanaman kaktus menyerap karbon dioksida di malam hari dari atmosfer. Tanaman ini kehilangan air lebih sedikit dengan membuka stomata pada malam hari.

Baca juga: Catat, Ini 6 Tanaman Hias yang Dapat Membuat Sejuk Rumah

3. Lidah buaya

Lidah buaya membuka stomata pada malam hari untuk mengurangi kehilangan air. Karbon dioksida yang diperoleh saat ini disimpan dalam vakuola sebagai malat.

4. Anggrek (Orchidaceae)

Dalam penelitian tentang anggrek bulan dan hibridanya, telah diamati bahwa penyerapan karbon dioksida meningkat pada malam hari, menjadikannya tanaman yang bagus untuk diletakkan kamar tidur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.