Kompas.com - 10/08/2022, 23:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan akan cepat menunjukkan tanda-tanda masalah jika tidak mendapatkan jumlah cahaya, air, atau nutrisi yang tepat. 

Salah satu tanda masalah itu adalah daun tanaman berubah coklat. Tentu kondisi ini membuat tanaman hias tidak sedap dipandang, tetapi bukan berarti mencabut daun untu memperbaiki penampilannya. 

Baca juga: 9 Tanaman Hias Indoor yang Menyerap Karbon Dioksida di Malam Hari

Dilansir dari The Express Newspaper, Rabu (10/8/2022), ada banyak penyebab daun tanaman yang berwarna coklat kering. Namun, penyebab paling umum adalah cara menyiram tanaman

Ini adalah masalah umum yang terjadi pada musim panas ketika penyiraman diperlukan setiap hari untuk menjaga tanaman dalam ruangan tetap terhidrasi dan dalam kondisi lembap. 

Jika tanaman berjuang menyerap air dari akar pada tingkat yang sama kehilangan air sepanjang hari, daun akan cepat memudar dari hijau menjadi coklat. 

Baca juga: Alasan dan Cara Mengatasi Warna Ujung Daun Tanaman Berubah Jadi Coklat 

Cara mengatasi daun coklat pada tanaman hias

Ilustrasi daun tanaman cokelat, Ilustrasi ujung daun tanaman berubah menjadi cokelat. Shutterstock/photowind Ilustrasi daun tanaman cokelat, Ilustrasi ujung daun tanaman berubah menjadi cokelat.
Memangkas sering kali merupakan cara terbaik membantu daun tanaman kembali hijau.

Namun, salah satu pengguna media sosial, Tanner Mitchell, cara terbaik mengatasi tanaman yang "sekarat" adalah mengikuti aturan 50 persen saat memangkas daun coklat. Ini meninggalkan daun pada tanaman dan hanya membuang bagian yang rusak.

Untuk daun yang benar-benar berubah menjadi coklat atau kuning, ahli tanaman merekomendasikan memotongnya dari batang guna memungkinkan pertumbuhan baru.

Karena daun tertua berada paling dekat dengan bagian bawah, cara terbaik mengatasinya adalah memulai dari pangkal tanaman dan menelusuri daun yang rusak sampai ke tempat bertemunya batang utama.

Setelah menemukan titik ini, buat potongan bersih. Jika Anda hanya memotong batang setengah, sisanya semua batang utama yang tidak memiliki daun ini akan mati. Jadi, sebaiknya mempercepat proses pemangkasannya. 

Baca juga: 4 Penyebab Daun Tanaman Giok Mengerut dan Layu 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.