Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menghilangkan Tumpahan Cat di Lantai Beton

Kompas.com - 05/09/2022, 11:59 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat proses pengecatan rumah, terkadang ada beberapa kesalahan yang terjadi, salah satunya cat yang tumpah ke lantai.

Meskipun tumpahan cat di lantai keramik atau laminasi kayu bisa memakan waktu, kemungkinan besar jika Anda langsung menanganinya dan menanganinya dengan cepat, maka Anda seharusnya bisa memperbaiki kesalahan itu tanpa masalah.

Namun, ketika Anda menumpahkan cat ke atas permukaan lantai beton, itu bisa menjadi menjadi hal yang menyulitkan, karena beton adalah bahan berpori, yang berarti air dan cairan lainnya dapat melewati lubang kecil di permukaan yang keras.

Baca juga: Menurut Pakar, Ini Warna Cat yang Dapat Membuat Bangun di Pagi Hari

Ilustrasi mengecatFREEPIK.COM/RAWPIXEL.COM Ilustrasi mengecat

Jadi, kecuali lantai beton Anda dipoles atau dirawat dengan lapisan kedap air, kemungkinan cat yang Anda tumpahkan bisa terserap. Namun bukan berarti Anda harus stres.

Bergantung pada seberapa besar kekacauannya dan apakah catnya berbahan dasar minyak atau berbahan dasar air, dilansir House Digest, Senin (5/9/2022) ada beberapa cara untuk menghilangkan kerusakan pemandangan itu sehingga tidak akan menjadi hal permanen di permukaan lantai beton. 

Gunakan stripper cat kimia

Ketika berhadapan dengan pekerjaan yang lebih besar untuk menghilangkan cat lama dari lantai beton, mungkin menggunakan stripper cat kimia adalah cara yang harus dilakukan.

Jenis produk ini dapat mencakup bahan-bahan seperti benzil alkohol dan asam glikol yang berfungsi untuk melarutkan cat sehingga mudah dihilangkan. Karena produk kimia ini dapat mengiritasi, penting untuk mengenakan kacamata pelindung dan sarung tangan saat bekerja dengan produk. 

Baca juga: 7 Ide Warna Cat Rumah Minimalis, Tidak Harus Putih dan Abu-abu

Langkah pertama adalah menutupi area lantai yang memiliki cat yang perlu dihilangkan.

Untuk mengaplikasikan stripper cat, cukup lapisi lantai menggunakan kuas besar yang ramah noda hingga setebal 2,5 cm, menurut Premier Veneers. Ini akan memungkinkan produk bekerja tanpa mengering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com